Apa yang anda ketahui tentang organisasi AFTA?

AFTA

AFTA (Asean Free Trade Area) merupakan salah satu badan kerjasama ekonomi internasional. Apa yang anda ketahui tentang organisasi AFTA?

AFTA (Asean Free Trade Area) atau Kawasan Perdagangan Bebas Asia Tenggara merupakan organisasi pendagangan bebas ASEAN dengan maksud untuk mengantisipasi dalam menghadapi era perdagangan bebas dunia.

Negara Anggota AFTA

Ketika kesepakatan AFTA ditandatangani resmi, Negara anggota AFTA hanya berjumlah 6 negara; yaitu, Thailand, Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, dan Singapura. Negara anggota ini kian bertambah seiring dengan bergabungnya Negara lainnya ke dalam ASEAN, yaitu Vietnam bergabung pada 1995, Laos dan Myanmar pada 1997 dan Kamboja pada 1999. Sehingga, Negara anggota AFTA sekarang terdiri dari sepuluh negara ASEAN.

Tujuan dibentuknya AFTA:

Tujuan AFTA ketika pertama kali dibentuk adalah sebagai berikut:

  • Untuk meningkatkan daya saing ekonomi negara-negara ASEAN dengan menjadikan ASEAN sebagai basis produksi pasar dunia.
  • Untuk menarik investor asing dan meningkatkan perdagangan antarnegara anggota ASEAN.

Kabar terakhir yang berkaitan dengan AFTA adalah adanya kesepakatan untuk menghapuskan semua biaya masuk impor barang bagi negara Singapura, Indonesia, Malaysia, Brunai Darussalam, Philippines, dan Thailand pada tahun 2010. Sedangkan, untuk negara Kamboja, Laos, Myanmar dan Vietnam pembebasan biaya masuk impor diberlakukan pada tahun 2015.

Referensi

Asean Free Trade Area (AFTA) merupakan bentuk kerjasama perdagangan di wilayah negara-negara ASEAN yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan volume perdagangan di antara negara anggota melalui penurunan tarif beberapa komoditas tertentu, termasuk di dalamnya beberapa komoditas pertanian, dengan tarif mendekati 0-5 persen.

ASEAN membentuk Framework Agreement on Enhancing Economic Coorporation di tahun 1992. Perjanjian ini melahirkan the ASEAN Free Trade Area (AFTA) dlaam jangka waktu 15 tahun (yakni 2007). Pada waktu pertemuan tingkat tinggi (ASEAN Summit) kelima berlangsung di Bangkok (1995), jangka waktu tersebut diperpendek menjadi 10 tahun, dengan ketetapan bahwa penghapusan rintangan perdagangan dimulai pada tahun 1993.

Adapun tujuan dari AFTA yaitu:

  1. Menjadikan kawasan ASEAN sebagai tempat produksi yang kompetitif sehingga produk ASEAN memiliki daya saing kuat di pasar global.

  2. Menarik lebih banyak Foreign Direct Investment (FDI).

  3. Meningkatkan perdagangan antar negara anggota ASEAN (intra-ASEAN Trade)

Rencana semula, AFTA akan didirikan sepenuhnya pada tahun 2008, namun pada 1994 menteri dari ASEAn Economic memutuskan untuk mempercepat proses tersebut dengan memajukan tanggal penyelesaiannya hingga 2003, dan pada 1995 target tersebut dimajukan kembali menjadi tahun 2002, dan pada saat yang sama, diputuskan bahwa tarif impor bagi intra ASEAN harus benar-benar dihapuskan pada tahun 2010, untuk ASEAN-6 dan 2015 untuk ASEANCLMV.