Apa yang Anda ketahui tentang Nutrition Care Process (NCP)?

Apa yang Anda ketahui tentang Nutrition Care Process (NCP) ?

Apa yang Anda ketahui tentang Nutrition Care Process (NCP) ?

3 Likes

NCP adalah Proses Asuhan gizi terstandar yang memecahkan masalah dengan menggunakan pendekatan sistematis dan terstandar agar asuhan gizi menjadi tepat, efektif dan aman.

Proses Perawatan Nutrisi (NCP) dirancang untuk meningkatkan konsistensi dan kualitas perawatan individual untuk pasien / klien atau kelompok dan prediktabilitas hasil pasien / klien. Ini tidak dimaksudkan untuk menstandarisasi perawatan gizi untuk setiap pasien / klien, tetapi untuk menetapkan proses standar untuk menyediakan perawatan. Ada empat langkah dalam prosesnya:

1. Nutrition Assessment
2. Nutrition Diagnosis
3. Nutrition Intervention
4. Nutrition Monitoring and Evaluation

  1. Nutrition Assessment dibagi menjadi 5 domain :
    · Assessment Antropometri
    · Assessment Biokimia
    · Assessment physical-clinics
    · Assessment Dietary History
    · Assessment Personal History

  2. Nutrition Diagnosis dibagi menjadi 3 domain :
    · Domain Intake
    · Domain Klinis
    · Domain Behaviour

  3. Nutrition Intervention dibagi menjadi 4 domain :
    · Food and/or Nutrient Delivery
    · Nutrition education
    · Nutrition Counseling
    · Cordination of nutrition care

  4. Nutrition Monitoring and evaluation dibagi menjadi 4 domain :
    · Food nutrition-related history outcomes
    · Anthropometric Measurement outcomes
    · Biochemical data, Medical Test, and procedure outcomes
    · Nutrition – focused physical finding outcome

Referensi

Fajar, S A. Buku Saku Gizi (Pediatric, Youth, Adult, Geriatric) AZURA.

Proses Perawatan Gizi (Nutrition Care Model) adalah pendekatan sistematis untuk menyediakan perawatan gizi berkualitas tinggi. Proses Perawatan Nutrisi adalah model standar yang dimaksudkan untuk memandu RDN dalam memberikan perawatan gizi berkualitas tinggi. NCP terdiri dari empat langkah berbeda yang saling terkait:

  1. Penilaian Gizi: RDN mengumpulkan dan mendokumentasikan informasi seperti makanan atau sejarah terkait gizi; data biokimia, tes dan prosedur medis; pengukuran antropometrik, temuan fisik yang berfokus pada nutrisi, dan riwayat klien.

  2. Diagnosis Nutrisi: Data yang dikumpulkan selama penilaian gizi memandu RDN dalam memilih diagnosis nutrisi yang tepat (mis., Menyebutkan masalah spesifik).

  3. Intervensi Nutrisi: RDN kemudian memilih intervensi nutrisi yang akan diarahkan ke akar penyebab (atau etiologi) dari masalah nutrisi dan ditujukan untuk mengurangi tanda dan gejala diagnosis.

  4. Pemantauan / Evaluasi Gizi: Langkah terakhir dari proses ini adalah pemantauan dan evaluasi, yang digunakan RDN untuk menentukan apakah klien telah mencapai, atau sedang membuat kemajuan menuju, tujuan yang direncanakan.

The Nutrition Care Model adalah visualisasi grafik yang menggambarkan langkah-langkah dari Proses Perawatan Nutrisi serta faktor-faktor internal dan eksternal yang berdampak pada penerapan NCP. Komponen utama dari Model adalah hubungan klien atau kelompok target dan RDN. Salah satu dari dua lingkaran luar mewakili keterampilan dan kemampuan RDN bersama dengan penerapan praktik berbasis bukti, penerapan Kode Etik, dan pengetahuan RDN. Yang kedua dari dua lingkaran luar mewakili faktor-faktor lingkungan seperti sistem perawatan kesehatan, sosial ekonomi dan pengaturan praktik yang berdampak pada kemampuan kelompok sasaran atau klien untuk mendapatkan manfaat dari layanan RDN. Penyaringan dan rujukan serta manajemen hasil juga merupakan komponen dari model.

Referensi
  1. The Nutrition Care Process (NCP). https://www.ncpro.org/nutrition-care-process. diakses 22 Mei 2020.
  2. Nutrition Care process. https://www.andeal.org/ncp. diakses pada 22 Mei 2020.