Apa yang anda ketahui tentang nabi Khidir?

Nabi Khidir

Apa yang anda ketahui tentang nabi Khidir?

Kisah tentang Khidr Allah sebutkan dalam al-Qur’an di surat al-Kahfi,

Lalu mereka (Musa dan muridnya) bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berikan kepadanya rahmat dari sisi Kami, dan yang telah Kami ajarkan kepadanya ilmu dari sisi Kami. (QS. Al-Kahfi: 65).

Ulama berbeda pendapat, apakah Khidr itu nabi ataukah orang sholeh yang memiliki kedudukan istimewa di sisi Allah. Mayoritas ulama mengatakan bahwa beliau adalah seorang nabi. Inilah pendapat yang kuat, dan banyak dalil yang mendukungnya.

Allah perintahkan Musa ‘alaihis salam untuk belajar kepada Khidr, sebagaimana yang Allah ceritakan dalam surat al-Kahfi.

Dia berkata: “Jika kamu mengikutiku, Maka janganlah kamu menanyakan kepadaku tentang sesuatu apapun, sampai aku sendiri menerangkannya kepadamu”. (QS. Al-Kahfi: 70).

Nabi Khidir dikenal bukan hanya karena kemisteriusannya, tapi juga rumor soal beliau yang sangat berilmu tinggi dan juga bijaksana. Dikatakan jika Nabi Khidir menguasai ilmu Laduni di mana beliau bisa melakukan hal-hal apa pun yang tak bisa dilakukan oleh manusia. Salah satu yang paling terkenal adalah kemampuan beliau yang sanggup membaca masa depan.

Sumber : https://konsultasisyariah.com/21668-siapakah-nabi-khidir.html