Apa yang anda ketahui tentang mobile game?


Saat ini terdapat banyak genre game yang dikategorikan berdasarkan genre maupun platform yang digunakan. Salah satu kategori game berdasarkan platform adalah mobile game . Apa yang anda ketahui tentang mobile game ?

Mobile game

Mobile game, merupakan salah satu kategori game berdasarkan platform, yang dimainkan melalui platform mobile, seperti handphone atau smartphone dan tab. Mobile game cenderung mempertajam gameplay , karena kualitas grafisnya tergantung pada platform yang digunakan . Selain itu hal unik yang dapat diamati dari mobile game adalah layar output -nya yang relatif berukuran kecil, berbeda dari video game di platform lainnya, sistem operasi yang berbeda juga menentukan kualitas grafis mobile game , kapasitas hardware yang lebih rendah dan ketajaman warna yang berbeda . Sehingga dibutuhkan sebuah solusi desain user interface yang baik untuk menutupi kekurangan tersebut.

  1. Komponen Dalam Game
    Sebuah game tentunya memiliki karakter, dimana karakter ini berfungsi untuk mengantar pengguna game dalam memahami alur cerita permainan dan menjadi pion atau avatar mereka di dalam game .

  2. Karakter
    Game juga tentunya mempunyai sebuah dunia, baik yang diambil atau dibentuk dari dunia nyata atau dunia imajinasi. Dunia dalam game atau environmental akan menjadi latar belakang selama game itu dimainkan.

  3. Environmental
    Game juga tentunya mempunyai sebuah dunia, baik yang diambil atau dibentuk dari dunia nyata atau dunia imajinasi. Dunia dalam game atau environmental akan menjadi latar belakang selama game itu dimainkan.

  4. Gameplay
    Gameplay terdiri dari tantangan yang dihadapi pengguna game dalam mencapai tujuan dari game dan tindakan yang dapat digunakan pengguna untuk mengatasi tantangan tersebut. Disebutkan pula oleh Ernest Adams, bahwa gameplay merupakan jantung dari sebuah game . Intinya gameplay punya peranan paling penting, dimana gameplay mengkombinasikan komponen lainnya untuk dapat berfungsi dalam sebuah game .

  5. User interface
    User interface adalah sebuah tampilan yang berhubungan langsung dengan pengguna. Tampilan ini berfungsi untuk menggabungkan sebuah sistem operasi dengan pengguna, sehingga sistem tersebut dapat digunakan. User interface berfokus pada pengalaman pengguna dan bentuk interaksi. Tujuan dari user interface ini sendiri adalah membuat interaksi yang dilakukan pengguna terhadap sebuah sistem tersebut menjadi sesederhana dan seefisien mungkin, sehingga tujuan pengguna dapat tercapai

Genre Game

Tiap orang tentunya memiliki kegemaran pada jenis atau tipe game yang berbeda. Konsep dari sebuah genre game membuat game dapat dikelompokkan ke dalam sejumlah kategori. Beberapa game dapat memiliki aturan yang identik, tetapi umumnya berada pada genre yang berbeda. Berikut adalah beberapa tipe games yang ada.

  • Adventure Games
    Adventure games merupakan sebuah cerita yang interaktif tentang sebuah tokoh protagonis yang dikendalikan oleh pengguna. Cerita dan eksplorasi menjadi kunci dari game ini.

  • Action Game
    Fitur utama action game adalah aksi dimana pemain harus memiliki keterampilan dan refleks yang baik untuk melawan musuh dan menghindari rintangan. Untuk menyelesaikan level game diperlukan akurasi dan waktu yang tepat pula.

  • Fighting Game
    Fighting game berisi pertarungan dimana setiap karakter memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Pemain dapat mengeluarkan jurus dan kemampuan berbeda dari tiap karakter untuk mengalahkan musuh.

  • First Person Shooter (FPS) dan Third Person Shooter (TPS)
    Game ini berisi tembak menembak dengan berbagai misi yang harus diselesaikan pengguna. Pada jenis FPS, point of view yang digunakan adalah orang pertama sehingga biasanya karakter hanya ditampilkan dalam bentuk tangan atau senjata. Sebaliknya pada TPS yang digunakan adalah sudut pandang orang ketiga.

  • Real Time Strategy
    Game genre ini menitikberatkan unsur strategi dimana pemain diberi tantangan untuk mengelola sesuatu seperti sumber daya atau pasukan.

  • Role Playing Game (RPG)
    RPG adalah permainan yang memungkinkan pemain menjelajah dunia game dan mengembangkan karakternya sendiri. Beberapa game jenis ini memberikan opsi pada pemain untuk memilih jalan cerita dan ending -nya sendiri.

  • Simulasi
    Genre ini mengangkat konsep dunia nyata dengan environment yang dibangun semirip mungkin dengan kenyataan. Pemain akan menyelesaikan tantangan seperti permasalahan pada dunia nyata.

  • Sport Game
    Genre ini mengangkat dunia olahraga. Umumnya tantangan yang diberikan adalah pemain melakukan pertandingan secara virtual.

  • Racing Game
    Game ini berisi balapan kendaraan dengan tantangan pemain harus menjadi yang tercepat dan memenangi kompetisi.

  • Multiplayer Game
    Game ini dimainkan oleh banyak orang secara bersamaan. Pemain akan berada di sebuah dunia virtual untuk melawan musuh secara berkelompok. Konsep yang digunakan biasanya konsep strategi tim.

Fitur Pada Game

  • Setting and Emotional Tone
    Tema game menjadi kunci utama game genre ini dimainkan, bagaimana suasana game yang dimunculkan, baik suasana sedih, bahagia, ceria, dan lain-lain.

  • Cerita
    Game genre ini memiliki cerita yang sangat baik dalam hal penceritaan, bagaimana pemain bisa merasakan masuk kedalam dunia cerita tersebut. Hal-hal yang terkait akan pembangunan cerita adalah, pendramatisiran segi cerita, hal kepahlawanan, permasalahan antara hidup dan mati.

  • Tantangan
    Setiap game pasti memiliki tantangan. Pada game adventure ini tantangan bersifat berkelanjutan. Dipadukan dengan sebuah puzzle atau race untuk membuat pemain semakin menikmati alur cerita dari game genre ini.

User interface dalam Mobile Game

User interface membuat pengalaman pengguna game , membuat game terlihat, dimengerti, dan dapat dimainkan . Dalam sebuah game , user interface berada diantara pengguna dan game itu sendiri. User interface menerjemahkan apa yang dimasukkan oleh pengguna melalui kendali game dalam dunia nyata, ke dalam sebuah tindakan di dunia game, lalu menyalurkannya ke inti mekanik game sehingga menghasilkan sebuah data yang dibutuhkan oleh pengguna game dalam bentuk yang terlihat dan bisa dimengerti.

Output user interface dalam game dikatakan sebagai elemen visual dan elemen audio, sedangkan input berupa elemen kendali. Ketika sebuah user interface menampilkan informasi yang dibutuhkan pengguna, seperti keadaan dunia dalam game , keadaan karakter yang digunakan pengguna atau informasi apapun tentang game , berarti user interface tersebut sedang memberikan sebuah feedback . Informasi ini tentunya didapat dari tindakan yang dilakukan oleh pengguna game dan elemen visual dan audio yang menghasilkan feedback ini disebut elemen feedback .

User interface dalam sebuah game bekerja lebih kompleks daripada user interface pada sistem operasi lainnya karena user interface dalam game juga harus menghibur. Walaupun user interface bertugas memudahkan pengguna berinteraksi, tapi dalam game , user interface tidak akan memberitahukan semua yang terjadi dalam game, ataupun memberikan kuasa penuh untuk mengatur game . User interface dalam game ini berada diantara sistem game dan pengguna dan membuat pengalaman untuk pengguna agar dapat merasakan pengalaman sesuai konten game tersebut

Source:

Galitz, Wilbert O. 2007. The Essential Guide to User Interface Design An Introduction to GUI Design Principles and Techniques , 3rd Edition. Indianapolis : Wiley Publishing.

Tidwell, Jeniffer. 2011. Designing Interface , 2nd Edition. Sebastopol : O’Reilly Media.

Fox, Brent. 2005. Game Interface Design . Boston : Thomas Course Technology