Apa yang anda ketahui tentang Metode Ijmali (global) dalam Tafsir Al Quran?

Tafsir Al Quran

Apa yang anda ketahui tentang Metode Ijmali (global) dalam Tafsir Al Quran?

Metode tafsir ijmali adalah menafsirkan makna-makna ayat-ayat AI-Qur’an dengan secara singkat dan global, dengan menjelaskan makna yang dimaksud pada setiap kalimat dengan bahasa yang ringkas sehingga mudah dipahami. Sebenarnya metode ini mempunyai kesamaan dengan metode tahlili, yaitu menafsirkan ayat-ayat AI-Qur’an berdasarkan urut-urutan ayat, sebagaimana urutan dalam mushaf.

Perbedaannya dengan metode tahlili adalah dalam tafsir ijmali makna ayat yang diungkapkan secara global dan ringkas, sedang dalam tafsir tahlili , makna ayat diuraikan secara terinci dengan tinjauan dari berbagai segi dan aspek yang diulas secara panjang lebar. Dalam tafsir ijmali dapat digunakan ilmu-ilmu bantu seperti menggunakan hadits-hadits Nabi saw, pendapat kaum salaf, peristiwa sejarah, asbab an-nuzul, dan kaidah-kaidah bahasa.

Kelemahan dari jenis tafsir ini adalah uraiannya yang terlalu singkat dan ringkas, sehingga tidak dapat menguak makna-makna ayat secara luas dan tidak dapat menyelesaikan masalah dengan tuntas. Sedang keistimewaan dari tafsir jenis ini adalah dapat dikonsumsi oleh lapisan dan tingkatan kaum muslimin secara merata15 dan cenderung bebas dari masuknya Israiliyat.

Di antara kitab tafsir yang menggunakan metode ini adalah tafsir al-Jalalain karya Jalal ad-Din as-Suyuti dan Jalal ad-Din al-Mahalli. Tafsir al- Qur’an al-‘Azim karya Muhammad Farid Wajdy.