Apa yang anda ketahui tentang kucing Savannah?

Apa yang anda ketahui tentang kucing Savannah ?

Pencipta kucing Savannah adalah seeorang peternak kucing ras Bengal dari Amerika Serikat yang bernama Judee Frank, yang ingin menciptakan ras kucing baru. Kemudian, Judee melakukan persilangan ras Siamese betina dengan Serval jantan milik seseorang bernama Suzi Woods.

Pada 7 April 1986, lahirlah ras kucing yang baru, yang kemudian diberi nama ras “Savannah”. Nama ras kucing ini berasal dari kata “savanna” yang artinya sabana (padang rumput), yang merupakan habitat asli kucing Serval di Afrika. Kelahiran ras kucing baru ini telah menarik perhatian dan minat Patrick Kelley, yang kemudian pada tahun 1989, Patrick membeli salah satu anak dari ras Savannah. Karena hal tersebut, Patrick menjadi penggemar yang pertama pada ras Savannah. Patrick juga banyak membantu pada ras baru ini dengan melakukan pengembiakkan.

Selanjutnya, Patrick meminta bantuan kepada Joyce Sroufe, untuk bekerja sama agar ras baru ini diakui oleh beberapa organisasi pendaftaran kucing. Pada tahun 1996, Patrick dan Joyce telah berhasil menuliskan versi asli dari ketentuan standar perkembangbiakkan ras Savannah. Kemudian, tulisan tersebut digunakan untuk mempresentasikan kepada TICA (The International Cat Association). Akhirnya pada tahun 2001, Savannah terdaftar dan diterima oleh TICA sebagai ras perkembangbiakkan era baru. Pada akhir tahun 1990-an, ras Savannah menjadi sangat populer di kalangan para pencinta dan peternak kucing.

Kepribadian Kucing Savannah

Kucing Savannah


Kucing Savannah merupakan kucing yang memiliki kecerdasan yang tinggi, rasa ingin tahu yang tinggi, senang diperhatikan, dan selalu waspada pada keadaan sekitar. Selain itu, Savannah juga sangat ramah, baik, senang bersosialisasi, mudah dilatih, penurut, tidak agresif (tetapi tidak juga pemalujuga pemalu), serta sangat setia kepada pemiliknya, seperti kesetian pada anjing. Savannah juga sangat senang sekali belajar bagaimana cara membuka pintu, lemari, dan hal lainnya.

Kucing Savannah terkenal sebagai kucing dapat melompat tinggi, yaitu dapat setinggi 2,5 meter. Savannah tidak takut dengan air, yang sifatnya sama dengan ras Bengal. Yang unik dari Savannah adalah pada saat Savannah merasa senang sekali, sehingga ras ini akan mengibaskan ekornya. Savannah ternyata juga dapat mendesis seperti Serval.

Selain itu, Kucing Savannah termasuk kucing yang sangat aktif dengan rasa ingin tahu yang tinggi. Ia suka melompat, berlari dan menangkap mangsa. Kalau kamu punya hewan peliharaan burung atau ikan, sebaiknya berhati-hati jika ingin memelihara kucing yang satu ini. Pastikan juga kamu menyediakan mainan dan tempat bermain untuknya, misalnya sediakan halaman rumah atau setidaknya cat tree di dalam rumah – kalau rumahmu masih punya cukup ruangan untuknya bermain.

Karakteristik Kucing Savannah


Savannah adalah kucing yang berpenampilan seperti liar dan buas yang tetapi, ras ini adalah kucing yang baik dan ramah. Savanah memiliki bulu yang tebal. Tubuhnya besar, tinggi, ramping, dan lentur. Telinganya berbentuk segitiga. Kakinya panjang.

Generasi awal dari ras Savannah memiliki warna bulu dengan beberapa bercak gelap. Warna standar yang telah ditetapkan TICA adalah warna cokelat tabby tutul, perak tabby tutul, hitam tutul, dan hitam asap tutul.

Ciri fisik yang paling umum adalah Corak bulu tutul eksotis seperti kucing liar menjadi ciri khas Kucing Savannah yang merupakan hasil persilangan antara kucing domestik dengan kucing liar Afrika, Serval. Telinga panjang, tubuh panjang dan ramping, beratnya bisa mencapai 9-13 kilogram.

Kucing Savannah telah dinobatkan oleh Guinness World Records sebagai ras kucing terpanjang di dunia, dengan panjang 17,1 inci atau sekitar 44 cm. Savannah sendiri adalah jenis yang relatif baru yang diakui oleh The International Cat Association (TICA) 2012.

Makanan Kucing Savannah


Soal makanan, Kucing Savannah bisa diberi makan seperti umumnya kucing domestik lain, dari mulai makanan kemasan hingga raw food. Memang ada pencinta Kucing Savannah yang menyarankan untuk memberikanraw food untuk kucing ini, tapi tak masalah juga kalau kamu memberikannya makanan kucing yang bisa kamu temukan di supermarket. Intinya, pastikan kamu memberikan makanan berkualitas dengan gizi seimbang.

Harga Kucing Savannah


Harga jual kucing ras bengal sekitar 15-40 juta. Sedangkan savannah bisa mencaai 70 juta. Di Indonesia, kedua kucing tersebut dijual di daerah Jakarta. Atau mungkin di kota-kota lain juga menjualnya.

Mengapa mahal ?

Karena untuk menghasilkan anakan dari kucing Savannah tidak mudah. Karena kucing serval yang merupakan nenek moyangnya harus dirawat dengan baik dan memerlukan treatment khusus sebelum nantinya siap disilangkan dengan kucing Siamese. Bahkan dari beberapa percobaan persilangan, hanya 1 yang berhasil. Inilah yang menyebabkan harganya menjadi mahal

Setahu saya, anda bisa membelinya di Chandra Cattery. Chandra Cattery memang dikenal sebagai pembiak kucing-kucing mahal. Lokasinya ada di Bekasi, Jawa Barat. Namun untuk info lebih lengkapnya kamu bisa langsung mengunjungi websitenya di www.chandracattery.com