Apa yang anda ketahui tentang kucing Munchkin?

Apa yang anda ketahui tentang kucing Munchkin?

2 Likes

Sejarah Kucing Munchkin

Kucing Munchkin


Pada tahun 1944, ada seorang dokter hewan yang bernama H.E. Williams, yang telah mendeskripsikan empat generasi ras kucing dengan ciri khas kaki pendek yang hidup liar di Inggris. Semua kucing tersebut hidup dengan kondisi sehat dan gerakannya seperti seekor musang. Namun, kucing-kucing kaki pendek ini hilang pada saat Perang Dunia II.

Selanjutnya pada tahun 1953, seorang berkebangsaan Jerman bernama Max Von Egon Thiel telah memberitahu bahwa, Max melihat seekor kucing dengan kaki pendek di kota Stalingrad (sekarang Volgograd), Rusia. Kemudian, kucing ini selama 30 tahun tidak terdengar kabarnya lagi.

Baru pada tahun 1983, seorang guru musik dari Louisiana, Amerika Serikat bernama Sandra Hochenedel, menemukan dua ekor kucing betina yang unik dengan kaki pendek pada saat kedua kucing tersebut sedang terjebak di bawah truk, karena sedang dikejar oleh anjing. Kedua kucing tersebut ternyata sedang hamil. Seekor kucing berwarna abu-abu, dan satunya berwarna hitam.

Setelah Sandra menyelamatkan kedua kucing tersebut, kucing-kucing itu diberi nama Blueberry dan Blackberry. Beberapa anak Blackberry memiliki kaki pendek seperti ibunya. Kemudian, salah satu anak dari Blackberry dikirimkan ke seorang temannya bernama Kay LaFrance, yang akhirnya kucing tersebut diberinya nama Toulouse. Kay kemudian mengembangbiakkan Toulouse dan menghasilkan banyak kucing berkaki pendek. Toulouse dibiarkan berkeliaran bebas di luar rumah dan tidak dikebiri oleh Kay.

Pada saat itulah, populasi kucing jalanan berkaki pendek sudah banyak. Toulouse dan Blackberry sering disebut-sebut sebagai pendahulu dari lahirnya ras munchkin ini. Kemudian ras ini diberi nama munchkin, yang namanya diambil dari sebuah karakter bernama “Munchkins”, yang merupakan karakter orang kerdil pada film The Wizard of Oz, ketika film ini populer.

Perawatan Kucing Munchkin

Kucing Munchkin


Untuk perawatannya, sama seperti kucing biasa. Tapi usahakan untuk mengatur pola makannya agar ia tidak obesitas.Jangan lupa berikan vaksin secara teratur dan rutin serta mandikan kucing sekali seminggu minimal.

Dalam memilih makanan kucing tentunya kalian harus memperhatikan kandungan makanan kucing tersebut, pilihlah makanan kucing yang memiliki kandungan yang dibutuhkan oleh kucing kalian. Beberapa makanan kucing juga ada yang mengandung pengawet jadi kalian harus jeli untuk memilih serta memperhatikan kandungan didalam makanan kucing.

Kucing Munchkin alergi terhadap ikan, krim, susu, ayam dan makanan kalengan untuk kucing. Bila sedikit saja mengonsumsinya, kucing berbulu abu-abu dan putih ini bisa kejang dan mengalami cedera kepala.

Karakteristik Kucing Munchkin

Kucing Munchkin


Kucing Munchkin memiliki wajah bulat, mata bulat, hidung pesek, dan kaki pendek yang menjadi ciri khasnya. Jika kucing normal memiliki tinggi 3-25 cm, maka kucing ras munchkin tingginya hanya 13-15 cm. Lilieput, seekor kucing kucing munchkin betina dari Napa, California, dengan tinggi 13,34 cm berhasil menyabet gelar kucing terpendek di dunia pada tahun 2013.

Keunggulan kucing Munchkin dibanding jenis kucing lainnya adlah kucing ini tidak memiliki kecacatan. Ketika kucing berkaki pendek biasanya akan membawa penyakit bawaan yaitu masalah pada bagian tulang punggung belakang, kucing berkaki pendek jenis ini tidak memiliki penyakit bawaan tersebut.

Kucing Munchkin adalah ras kucing yang sangat suka bermain dan mudah beradaptasi. Munchkin sangat sering sekali duduk dengan posisi seperti kelinci sedang duduk.

Kaki pendek ras munchkin disebabkan oleh mutasi genetik alami. Biasanya, kucing berkaki pendek akan mengalami gangguan pada tulang punggung, namun munchkin tidak, sehingga mutasi genetiknya termasuk berhasil. Menurut seorang ahli genetik dari TICA, Dr. Solveig Pflueger, menyatakan bahwa, kaki pendek pada ras munchkin disebabkan oleh mutasi gen autosom dominant. Karena pada saat penelitian selama 7 tahun, pada ras ini tidak pernah ditemukan gangguan tulang pada anak kucing munchkin yang dapat menyebabkan cacat atau kematian.

Kucing Munchkin sangat adaptif dan aktif karena mudah bergaul dengan manusia dan hewan lainnya, suka memanjat dan melompat, loyal dan percaya diri. Kamu bahkan bisa mengajaknya berjalan-jalan dengan menggunakan harness. Sebaiknya kamu menyediakan tempat bermain atau setidaknya rumahmu punya halaman yang cukup kalau mau memelihara kucing ras yang satu ini.

Harga kucing Munchkin berubah-ubah tergantung dari kondisi kucing itu sendiri. untuk pasar Indonesia sendiri harga kucing Munchkin ada di kisaran Rp.1.000.000,00 - Rp.7.000.000,00

Kucing Munchkin atau kucing Sosis adalah jenis kucing baru yang ditandai dengan kaki yang sangat pendek, yang disebabkan oleh mutasi genetik alami. Munchkin dianggap sebagai jenis asli kucing kerdil.

Banyak kontroversi meletus pada trah ketika diakui oleh The International Cat Association (TICA) pada tahun 1995 dengan kritik menyuarakan keprihatinan atas masalah kesehatan dan mobilitas potensial. Dewan Pengatur Fancy Kucing belum mengenalinya sebagai jenis yang terstandar.

Nama “Munchkin” berasal dari penduduk kecil Munchkin Country penulis L. Frank Baum, yang berasal dari novel 1900, The Wonderful Wizard of Oz.

Sejarah Kucing Munchkin

Berkembang biak

Kucing berkaki pendek telah didokumentasikan beberapa kali di seluruh dunia sejak 1940-an. Sebuah laporan dokter hewan Inggris pada tahun 1944 mencatat empat generasi kucing berkaki pendek yang mirip dengan kucing normal kecuali panjang kaki. Garis ini menghilang selama Perang Dunia Kedua tetapi kucing berkaki pendek lainnya ditemukan di Rusia pada tahun 1956 dan Amerika Serikat pada tahun 1970-an.

Pada 1983, Sandra Hochenedel, seorang guru musik di Rayville, Louisiana, menemukan dua kucing hamil yang dikejar di bawah truk oleh seekor anjing. Dia memelihara salah satu kucing dan memberi nama Blackberry-nya dan setengah dari anak-anaknya dilahirkan dengan kaki pendek. Hochenedel memberikan anak kucing jantan berkaki pendek dari salah satu sampah Blackberry kepada seorang teman, Kay LaFrance dari Monroe, Louisiana, dan ia menamai anak kucing tersebut Toulouse. Berasal dari Blackberry dan sampah Toulouse, jenis Munchkin hari ini diturunkan.

Sejarah pendaftaran trah Munchkin

Kucing Munchkin pertama kali diperkenalkan kepada masyarakat umum pada tahun 1991 melalui jaringan televisi nasional yang diadakan oleh Asosiasi Kucing Internasional (TICA) di Madison Square Garden. Namun, trah itu tidak akan diakui secara resmi pada saat itu. Para kritikus memperkirakan bahwa jenis ini akan mengalami masalah punggung, pinggul, dan kaki yang serupa dengan masalah yang menyerang beberapa Dachshund. Selama bertahun-tahun, trah Munchkin tidak diterima dalam kompetisi kucing karena pembiakan kontroversial. Dr. Solveig Pflueger, seorang juri pertunjukan, ahli genetika, dan Ketua Komite Genetika TICA adalah penasihat kuat untuk pengakuan resmi dari ras tersebut. Pflueger juga merupakan peternak kucing Munchkin sendiri, yang pada awalnya mengirim dua kucing dari Hochenedel. Di tengah banyak kontroversi, Munchkin diusulkan sebagai ras baru oleh pemulia yayasan Laurie Bobskill dan Robert Bobskill dari Massachusetts dan diterima oleh TICA ke dalam program pengembangan ras baru pada bulan September 1994. Salah satu veteran hakim acara Katherine Crawford mengundurkan diri sebagai protes, menyebut breed tersebut sebagai menghina peternak dengan etika. Trah Munchkin mencapai status Kejuaraan TICA pada Mei 2003.

Saat ini, satu-satunya pendaftar yang sepenuhnya mengenali jenis ini adalah TICA dan Dewan Kucing Afrika Selatan. Ada kontroversi di antara peternak kucing silsilah tentang mutasi genetik yang tidak normal dan berpotensi merugikan kucing. Katie Lisnik, direktur perlindungan dan kebijakan kucing di Humane Society of United States, mengatakan “Membiakkan hewan untuk karakteristik fisik yang berlebihan, terutama ketika itu membahayakan kesehatan secara keseluruhan, tidak bertanggung jawab”. Beberapa pendaftar kucing tidak mengenali Munchkin: Fédération Internationale Féline, yang menolak untuk mengenali apa yang mereka anggap sebagai ras berdasarkan “penyakit genetik”, achondroplasia. Dewan Pengatur dari Fancy Kucing juga menolak untuk mengenali breed, menganggap ras ini dan yang lain menyukainya “tidak dapat diterima” karena mereka didasarkan pada “struktur atau perkembangan abnormal”. Trah ini juga tidak diakui oleh Asosiasi Pemelihara Kucing. Pemerintah Wilayah Ibu Kota Australia (suatu wilayah Australia) menganggap ras munchkin sebagai “hewan cacat” dan pembiakan yang disengaja dari mereka “tidak dapat diterima” karena “masalah kesehatan genetik yang terkait dengan pembiakan seperti itu”.

Karakteristik Kucing Munchkin

Standar TICA menggambarkan Munchkin sebagai “keluar, cerdas, dan merespons dengan baik untuk ditangani”. Beberapa sumber menyatakan bahwa pendeknya kaki mereka tidak mengganggu kemampuan berlari dan melompat mereka, sementara yang lain menyatakan kemampuan mereka untuk melompat dibatasi oleh kondisi mereka.

Munchkin memiliki karakteristik yang mirip dengan kucing rumah tangga biasa, karena sering digunakan sebagai outcrosses. Ini adalah kucing kecil hingga sedang dengan tipe tubuh sedang dan mantel mewah-menengah. Munchkins jantan biasanya berbobot antara 3 - 4 kg dan biasanya Munchkins betina memiliki ukuran lebih besar, yang biasanya berbobot antara 4 dan 8 pound (2-3,6 kg). Kaki belakang bisa sedikit lebih panjang dari depan yang menciptakan sedikit kenaikan dari bahu ke pantat. Kaki Munchkin mungkin sedikit tertekuk, meskipun membungkuk berlebihan adalah diskualifikasi di cincin pertunjukkan. Kaki yang dicangkul dengan sapi juga dihukum.

Munchkin hadir dalam semua warna dan pola bulu. Itu juga datang dalam varietas berambut panjang, yang ditampilkan dalam kategori Munchkin Longhair yang terpisah. Varietas berambut pendek memiliki bulumenengah-mewah sedangkan yang berambut panjang memiliki mantel semi-panjang seperti sutra. Aturan TICA untuk penyilangan memungkinkan penggunaan kucing domestik apa pun yang belum termasuk ras yang diakui. Kemiripan dengan ras lain adalah alasan untuk didiskualifikasi. Munchkins yang tidak standar tidak diperbolehkan ditampilkan.

Pada tahun 2014, Lilieput, kucing Munchkin dari Napa, California, dinobatkan sebagai kucing hidup paling pendek di dunia oleh Guinness World Records. Tingginya 5,25 inci (13,34 cm).

Referensi
  1. “‘Sausage Cat’ Breed Not Trendy, Just the Result of Cruelty”. PETA. 2017-02-10.
  2. “Vets warn trend for sausage cats is cruel”. Metro UK. 2017-01-31.
  3. “Munchkin & Midget Cat Breed Facts”. www.petmd.com. petMD, LLC.
  4. Nunn, Lyn. “Munchkin Cats - Origin and History”. Cat Breeds Junction.
  5. Fawcett, Kirstin (3 June 2016). “7 Short Facts About Munchkin Cats”. Mental Floss.
  6. “Munchkin Breed”. The International Cat Association (TICA). The International Cat Association (TICA). 13 August 2018.
  7. Stall, Sam (2007). 100 Cats Who Changed Civilization: History’s Most Influential Felines. Philadelphia, PA: Quirk Books. pp. 20–22. ISBN 9781594741630 – via Google Books.
  8. Helgren, J. Anne (2006). “Iams Cat Breed Guide: Munchkin”. Telemark Productions. Archived from the original on 18 March 2012.
  9. “A Cat Fight Breaks Out Over a Breed”. Associated Press. July 23, 1995.
  10. Helgren, J. Anne (1998). “Encyclopedia of Cat Breeds: Munchkin Cat”. Barron’s Educational Series.
  11. https://www.worldcatcongress.org/wp/cat_breed_comp_mus.php
  12. Morris, Desmond S. (1988). Catwatching & Catlore. Arrow Books Ltd. pp. 183–186. ISBN 0-09-922901-3.
  13. https://www.thedodo.com/munchkin-cat-breed-2231333420.html
  14. Breeding and Registration Rules: 2.7.3 Genetic Diseases. Fédération Internationale Feline
  15. The Governing Council of the Cat Fancy, The GCCF says Health Comes FirstArchived 2015-05-04 at the Wayback Machine
  16. Cat Fanciers’ Association,CFA Breeds Archived 2007-06-29 at the Wayback Machine
  17. Australian Capital Territory, Code of Practice for the Welfare of Cats in the ACT
  18. “Munchkin Breed Group Standard” (PDF). The International Cat Association.
  19. Stroud, Jon (2008). The DVD Book of Cats. Green Umbrella Pubg.
  20. “Munchkin - Limb Deformity”. Universities Federation for Animal Welfare. 2011.
  21. Yune, Howard. “Tiny Napa cat stands tall in new Guinness record book”. Napa Valley Register. Napa Valley Register.