Apa yang anda ketahui tentang keunikan kelelawar?

Kelelawar

Kelelawar adalah mamalia yang dapat terbang yang berasal dari ordo Chiroptera dengan kedua kaki depan yang berkembang menjadi sayap.

Kelelawar (Chiroptera) dibagi menjadi beberapa famili, yaitu:

  • Pteropodidae (codot atau kelelawar pemakan buah)
  • Emballonuridae (kelelawar eko-trubus)
  • Megadermatidae (vampir palsu)
  • Nycteridae (kelelawar muka-cekung)
  • Rhinolophidae (kelelawar-ladam)
  • Hipposideridae (barong)
  • Vespertilionidae (kelelawar biasa)
  • Molossidae (kelelawar bibir-keriput)

Keunikan dari hewan kelelawar antara lain :

  1. Mamalia yang dapat terbang. Kelelawar adalah binatang yang dapat terbang seperti burung, namun tidak bertelur. Ia justru melahirkan atau mamalia. Inilah yang menjadi spesial dari diri kelelawar. Menariknya lagi, seperempat dari jenis mamalia di dunia ini adalah kelelawar. Terdapat lebih dari 1000 spesies kelelawar di dunia ini.

  2. Kelelawar akan tetap kurus. Salah satu keunikan dari diri kelelawar yaitu tubuhnya tidak bisa gemuk. Kelelawar dapat memakan makanan dalam waktu yang singkat.

  3. Kelelawar tidak dapat melihat dengan sempurna dalam kondisi gelap. Hal ini terkesan aneh karena kelelawar justru keluar di malam hari yang pastinya gelap. Ada cara khas dari kelelawar yaitu mereka mengandalkan indera pendengarannya. Seperti yang kita ketahui bahwa kelelawar memiliki indera pendengaran yang sangat baik, lebih baik daripada manusia, kelelawar menggunakan gema dalam tempat gelap untuk mengetahui keadaan sekitar tempatnya berada. Kelelawar justru hidup di malam hari dikarenakan malam merupakan waktu yang tepat baginya untuk memangsa serangga dan dapat dengan mudah menjauhi musuh-musuhnya. Tubuh kelelawar tahan terhadap dingin. Kelelawar justru lebih suka berada dalam gua yang berangin dan cara perlindungannya terhadap dingin yaitu menutup tubuhnya dengan sayap.

  4. Ada kelelawar yang menghisap darah. Sudah tidak asing dengan vampir bukan? Nah, ternyata ada juga jenis kelelawar vampir yang hidup di dunia ini, setidaknya ada 3 spesies. Seperti halnya vampir, kelelawar jenis ini menghisap darah dari mangsanya. Kelelawar hanya mempunyai 1 ekor anak dalam satu tahun. Dibandingkan dengan mamalia jenis lainnya, kelelawar adalah binatang yang paling sedikit menghasilkan keturunan. Namun dari sisi usia, kelelawar jika dibandingkan dengan mamalia jenis lain justru memiliki kelebihan. Kelelawar dapat hidup lebih lama yaitu mencapai 30 tahun, berbanding terbalik dengan mamalia kecil lain yang hanya hidup 1 atau 2 tahun.