Apa yang anda ketahui tentang Ikan Nila GIFT ?

Ikan nila

Ikan Nila GIFT adalah ikan air tawar yang menjadi favorit masyarakat Indonesia untuk dikonsumsi. Permintaan pasar yang tinggi terus memacu produksi budidaya nila. Nama “nila” diambil dari asal muasal ikan tersebut, yakni Sungai Nil di Afrika. Sekitar tahun 1969, ikan nila diperkenalkan di Indonesia dan beberapa rekayasa dilakukan demi mendapatkan strain nila terbaik. Apa yang anda ketahui tentang Ikan Nila GIFT ?

Ikan Nila GIFT

image

Ikan nila GIFT adalah hasil persilangan dari 8 varietas ikan nila Kenya, Israel, Senegal, Ghana, Singapura, Thailand, Mesir, dan Taiwan. GIFT merupakan singkatan dari “genetic improvement of farmed tilapia”, sebuah upaya persilangan ini dilakukan oleh International Center for Living Aquatic Research Management (ICLARM) di Filipina. Nila GIFT generasi keempat kemudian dibawa ke Indonesia pada tahun 1994.

Pertumbuhan ikan nila abu-abu ini terkenal cepat, pada umur 5-6 bulan, nila GIFT mampu mencapai bobot 600 gram per ekor. Presentase kepala, tulang, dan rongga perut lebih kecil sehingga dagingnya lebih banyak. Interval pemijahan dapat dilakukan dalam waktu 3 – 6 minggu dengan produksi telur sebanyak 2000 – 3000 ribu butir sekali pijah.