Apa yang anda ketahui tentang ikan kerapu bebek/tikus ?

ikan kerapu bebek/tikus

Jenis ikan kerapu bebek atau biasa juga di sebut kerapu tikus yang dalam perdagangan internasional dikenal dengan nama polkadot, grouper, atau hump backed rocked, mempunyai tubuh agak pipih dengan warna dasar terang abu-abu kehijauan dan terdapat bintik hitam.

Kerapu bebek hidup di kawasan terumbu karang yang terdapat di perairan-perairan dangkal hingga 100 m di bawah permukaan laut. Selain perairan karang, lokasi kapal tenggelam juga menjadi rumpon yang nyaman bagi kerapu bebek. Ikan tersebut akan berdiam dalam lubang-lubang karang atau rumpon dengan aktivitas yang relatif rendah.

Kerapu bebek di kenal sebagai ikan pemangsa yang memangsa berbagai jenis ikan kecil, plankton hewani, udang-udangan, cumi-cumi, dan hewan - hewan kecil lainnya. Ikan kerapu di kenal sebagai atau pemangsa yang rakus.

Apa yang anda ketahui tentang ikan kerapu bebek/tikus ?

Kerapu bebek atau kerapu tikus (Chromileptes altivelis) adalah jenis ikan dari keluarga Serranidae yang ditemukan di Australia, Cina, Guam, Hong Kong, India, Indonesia, Jepang, Kenya, Malaysia, Kaledonia Baru, Kepulauan Mariana Utara, Papua Niugini, Filipina, Pulau Pitcairn, Singapura, Taiwan, Thailand, Vietnam dan mungkin di Mozambique dan di Vanuatu. Habitat alaminya adalah karang laguna pantai. Jenis ini terancam kehilangan habitatnya.

Dalam bahasa Inggris, kerapu bebek disebut humpback grouper atau panther grouper dan khususnya di Australia, lebih dikenal dengan nama barramundi cod.

Klasifikasi ikan kerapu bebek

Kingdom: Animalia
Class: Osteichyes
Sub-class: Actinopterigi
Famili: Serranidae
Sub-famili: Epinephihelinae
Filum: Chordata
Sub-filum: Vertebrata
Ordo: Percomorphi
Sub-Ordo: Percoidea
Percoidea: Cromileptes
Spesies: Cromileptes altivelis

Morfologi ikan Kerapu Bebek

  • Sirip punggung dengan 10 duri keras dan 18 -19 duri lunak
  • Sirip punggung dengan 10 duri keras dan 18 -19 duri lunak
  • Sirip ekor dengan 1 duri keras dan 70 duri lunak
  • Panjang keseluruhan kerapu bebek 3,3 – 3,8 kali tingginya
  • Panjang kepala ¼ bagian dari panjang total
  • Leher bagian kepala atas cekung dan semakin tua ikan kerapu bebek maka semakin pula cekung, mata 1/6 dari bagian kepala
  • Sirip punggung semakin kebelakang semakin melebar
  • Serwarna putih kadang kecoklatan dengan totol-totol hitam pada seluruh badan, kepala dan sirip
  • Seluruh permukaan tubuh kerapu bebek berwarna putih keabuan
  • Bagian kepala lancip menyerupai Bebek atau Tikus

Habitat Ikan Kerapu Bebek

Ikan kerapu tersebar luas dari wilayah Asia Pasifik termasuk Laut Merah, tetapi lebih terkenal dari teluk Hawai, Polinesia, atau Persia, dan hampir seluruh diperairan pulau tropis Hindia dan Samudera Pasifik Barat dari Pantai Timur Afrika 7 sampai dengan Mozambika. Ikan kerapu bebek di Indonesia banyak terdapat di daerah perairan Pulau Jawa, Sulawesi, Sumatera, Ambon, dan Pulau Buru dengan salah satu indikator adanya kerapu di daerah berkarang. Siklus hidup kerapu bebek muda hidup diperairan karang pantai dengan kedalaman 0,5 – 3 m. Kerapu bebek muda dan larva banyak terdapat di perairan pantai dekat muara sungai dengan dasar perairan berupa pasir berkarang yang banyak ditumbuhi padang lamun. Kerapu dewasa biasanya akan bermigrasi ke perairan yang lebih dalam antara 7 – 40 m. Suhu yang ideal untuk kehidupan ikan kerapu bebek adalah 27 – 32⁰C, pH 7.6 – 8.0, salinitas 30 – 35 ppt, DO tidak boleh kurang dari 4 mg/l