Apa yang anda ketahui tentang Ikan Corydoras ?

Ikan Corydoras

Ikan Corydoras merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang banyak diminati pecinta ikan hias dan mempunyai peluang ekspor. Selain digunakan sebagai ikan hias air tawar, juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan kosmetik di negara maju.

Walaupun ikan ini berasal dari Amerika Selatan, tetapi sejak lama telah berhasil dibudidayakan di Indonesia. Ikan ini dikenal mudah pembudidayaannya. Bentuk tubuh pendek dan gemuk, punggung lebih melengkung dibandingkan dengan perut, kedua sisi ikan dilengkapi dengan lempengan seperti tulang yang tersusun dalam dua baris, mempunyai dua pasang kumis yang terletak di rahang atas dan rahang bawah serta ukuran tubuh dapat mencapai 12 cm.

Ikan Corydoras dapat dibudidayakan di kolam yang kandungan oksigen di dalam airnya rendah. Kondisi lingkungan cocok untuk jenis ikan ini adalah: pH 6 - 8, suhu 21,5 - 28 derajat C.

Morfologi Ikan corydoras

  • Ikan corydoras bisa tumbuh hingga panjang tubuhnya 12 cm, yang mana tubuhnya pendek dan juga terlihat gemuk dan pada punggungnya lebih melengkung dibandingkan dengan bagian perutnya.
  • Pada kedua sisi corydoras dilengkapi dengan lempengan seperti tulang yang tersusun dalam dua baris, mempunyai dua pasang kumis yang terletak di rahang atas dan rahang bawah dan kumis inilah yang berfungsi sebagai indera peraba.
  • Mulut corydoras mengarah ke bawah karena memudahkan ikan ini mencari makan di dasar air.
  • Layaknya ikan hias alsi indonesia ( botia ), corydoras memang mirip jika dilihat secara sepintas. Selain itu pada sisi badannya ditutupi oleh sisik – sisik yang tidak tipis, atau yang lebih tepat sebagai scute.
  • Sisik-sisik ini tersusun layaknya genting yang tersusun sangat rapi. Deretan – deretan sisik sebelah atas berjumlah 21023 sisik, dan pada bagian bawah berjejer sebanyak 19-21 sisik.

Apa yang anda ketahui tentang Ikan Corydoras ?

Ikan hias Corydoras merupakan ikan genus Corydoras yang berasal dari Amerika Selatan. Corydoras adalah genus terbesar dari ikan neo-tropis, dengan lebih dari 142 spesies. Habitatnya banyak di sungai-sungai yang besar maupun sungai yang kecil, ikan Corydors penghuni daerah dasar sungai atau kolam dan ikan ini mencari makan di dasar pasir, krikil atau detritus.

Ikan corydoras ini juga sering disebut dengan julukan ikan tikus, karena cara mereka berenang memang iterlihat seperti tikus yang sedang berjalan. Suhu ideal untuk ikan corydoras ini adalah sekitar 24-28 °C, mereka akan lebih senang jika kolam atau aquarium yang kamu gunakan untuk memelihara mereka sangat mirip dengan habitat aslinya yaitu sungai Amazon.

Oleh sebab itu kamu dapat mengcostum aquarium kalian untuk menjaga mereka agar tetap senang berada di habitat barunya, Ikan corydoras juga menyukai aquarium yang dasarnya berpasir, mereka bisa memakan kotoran atau sisa makanan yang berada di dasar aquarium.

Jika habitat asliya ikan Corydoras mendiami berbagai jenis air namun cenderung lebih menyukai air yang lembut, netral hingga sedikit asam atau sedikit basa. Ikan Corydoras hanya dapat mentolerir sebagian garam saja ( beberapa spesies tidak dapat mentolerir garam sama sekali) Ikan Corydoras juga tidak menghuni lingkungan yang dipengaruhi pasang surut.

Ikan Corydoras lebih suka berkelompok atau agregasi dari ratusan atau bahkan ribuan ikan corydoras, biasanya dari jenis spesies tunggal, namun kadang-kadang dengan spesies lain juga bercampur menjadi satu kelompok. Ikan corydoras merupakan ikan yang aktif dan mencari makanan di pagi hari.

Di alam liar, makanan utama ikan corydoras adalah serangga yang tinggal di bawah dan larva serangga dan beberapa jenis cacing, serta beberapa sayuran. Meskipun ikan corydoras bukanlah picovores (pemakan ikan), namun mereka akan memakan daging ikan yang telah mati.

Cara makan mereka adalah mencari bagian bawah dengan sungut sensoriknya dan menyedot makanan dengan mulut mereka.

Ikan corydoras bisa dijadikan sebagai ikan hias peliharaan, karena ikan ini mudah di pelihara, damai, kuat, aktif, kecil dan sangat menghibur. Namun jangan menempatkan mereka dengan pasangan tangki besar yang agresif, ikan ini mempunyai umur yang panjang, dikatakan ikan corydoras dapat hidup hingga 20 tahun.

Terkadang ikan corydoras akan naik ke pemermukaan, dan tingkat moncong mereka di atas air sesaat untun bernafas di udara. Perilaku ini merupakan hal yang normal dan bukan merupakan indikasi bahwa terdapat sesuatu yang salah pada ikan ini.

Semua ikan corydoras adalah fakulatif bernafa di udara, maksudnya mereka mempunyai kemampuan untuk menghirup udara atsmosfer hingga batas tertentu. Mereka mempunyai usus yang sangat vascularised untuk membantu dalam penyerapan oksigen.

Adaptasi ini memungkinkan ikan ini untuk bertahan hidup jika habitat mereka menjadi kekurangan oksigen untuk bernafas. Namun, jika pernafasan di permukaan dilakukan secara berlebihan, itu dapat menunjukkan bahwa kondisi air yang mereka tinggali sangat buruk.

Perlu diperhatikan bahwa ikan corydoras merupakan kelompok ikan lelel “lapis baja”, yang mempunyai dua baris lempeng tulang di sepanjang sisi-sisi mereka. Mereka juga mempunyai duri sirip dada yang tajam, yang dengan mudah dapat tersangkut dalam jarring aquarium dan juga bisa menghasilkan sengatan menyakitkan jika sampai menembus kulit.

Jadi berhati-hatilah saat bermain atau akan memindahkan ikan crydoras dari tempatnya dengan alasan apapun.