Apa yang anda ketahui tentang Ikan Cakalang ?

ikanpedia
tuna

(Bambang Susanto) #1

Ikan Cakalang (Katsuwonus pelamis) adalah ikan pelagis yang merupakan perenang cepat (good swimmer) dan mempunyai sifat rakus (varancious). Ikan ini melakukan migrasi jarak jauh dan hidup bergerombol dalam ukuran besar. Bentuk tubuhnya digolongkan dalam bentuk torpedo, yaitu badan fusiform, bagian kepala sangat tebal, ramping dan kuat kearah ekor dan sedikit pipih pada bagian samping. Penangkapan ikan cakalang dapat dilakukan dengan pole and line, hand and line dantonda (Ayodya,1981).

Ikan cakalang mencari makan berdasarkan pada penglihatannya. Pernah ada cakalang terbesar yang ditemukan yang mempunyai panjang badan mencapai 1 meter dan berat badan lebih dari 18 Kg. Cakalang yang banyak tertangkap biasanya berukuran panjang sekitar 50 cm. Makanan cakalang berupa krustasea, cephalopoda, dan moluska. Ikan cakalang merupakan mangsa yang begitu penting untuk ikan-ikan besar dizona pelagik. Ikan cakalang juga dikenal sebagai SkripJack tuna.

Klasifikasi Ikan Cakalang

Kingdom : Animalia
Phylum : Chordata
Kelas : Pisces
Ordo : Perciformes
Sub Ordo : Scombroidea
Famili : Scombroidae
Sub Famili : Thunninae
Genus : Katsuwonus
Species : Katsuwonus pelamis

Morfologi Ikan Cakalang

  • Bentuk tubuh seperti terpedo
  • Mempunyai gill rakers (tapis insang) sekitar 53-63 buah
  • Mempunyai dua sirip punggung yang terpisah
    • Sirip pertama terdapat 14-16 jari-jari
    • Pada sirip kedua terdapat 7-9 finlet
  • Sirip dada pendek
  • Terdapat dua flops diantara sirip perut
  • Memepunyai sirip anal yang diikuti dengan 7-8 finlet
  • Badan tidak bersisik kecuali pada bagian barut badan (corselets)
  • Bagian punggung terdapat warna biru kehitaman dan perut berwarna keperakan dan terdapat garis-garis yang berwarna hitam pada bagian samping badan 4-6 buah garis

Habitat Ikan Cakalang

Suhu yang ideal untuk ikan cakalang adalah 26°C – 32°C dan salinitas 33%. Ikan cakalang menyebar luas diseluruh perairan sub tropis dan tropis, Anatara lain lautan hindia, atlantik dan pasifik kecuali lautan mediterania. Ikan cakalang sangat menyukai daerah dimana terjadinya pertemua antara arus /air (convergence) yang pada umumnya terdapat pulau-pulau.

Ikan cakalang juga terdapat di perairan yang dimana terjadinya pertemuan antara masa air panas dan dingin, penaikan tekanan air dan parameter hidrografi yang terdapat pencampuran yang tidak tetap. Pada siang hari biasanya ikan cakalang berada dikedalaman 260 meter dan pada malam hari ikan cakalang biasanya akan muncul kepermukaan.

Apa yang anda ketahui tentang Ikan Cakalang ?