Apa yang anda ketahui tentang ikan buntal mata merah atau Red Eye Puffer ?

Ikan Buntal Mata Merah (Tetradon Ieiurus) termasuk kedalam familia Tetraodontidae. Ikan ini berasal dari Sumatera, Kalimantan dan Malaysia. Ukuran maksimal ikan ini adalah 6 cm. Ikan Buntal Mata Merah hidup dengan kondisi air dengan suhu antara 25 -28 0C, pH 6,5 - 7 dan dH 8 - 10.

Ikan buntal bersifat karnivora yang menyukai larva insekta yang mengapung. Ikan ini masih belum ada yang mengembangbiakkan, sehingga masih harus ditangkap di alam liar.

Morfologi Ikan Buntal Mata Merah

Bentuk badannya bundar dengan sisik kecil. Ikan ini mampu mengambang diam dalam air untuk menyamar. Sisi badan terdapat 2 - 4 bercak bulat dengan garis putih tidak beraturan. Warna cokelat kemerahan. Terdapat varietas mata merah dan mata hitam.

Apa yang anda ketahui tentang ikan buntal Red Eye Puffer ?

Red-tailed Red Eye Puffer (Carinotetraodon irrubesco)

Merupakan salah satu jenis ikan buntal yang hidup di air tawar. Buntal ini adalah ikan asli Indonesia. Daerah persebarannya tidak luas, hanya dapat ditemukan di sungai Sambas, Kalimantan Barat dan Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

Habitat yang sering didiami oleh buntal ini adalah tepian sungai yang terdapat banyak vegetasi terendam. Ukuran buntal ini bisa dibilang mungil, maksimalnya hanya dapat mencapai 4,5 cm saja. Buntal mungil ini memiliki bentuk bulat lonjong dengan mata yang berwarna merah serta ekor yang berwarna kemerahan. Tubuhnya berwarna belang hijau muda dan coklat kehijauan dengan sedikit nuansa warna kemerahan. Terkadang corak tubuhnya tersebut tidak beraturan sehingga warna belang hijau-coklatnya tidak tampak. Bagian perutnya memiliki warna putih, membuat warna pada tubuhnya tampak menjadi kontras.

Buntal ini paling baik bila dipelihara dalam akuarium yang terdapat banyak tanaman air atau aquascape. Sebagai tempat perlindungan, tambahkan akar atau cabang bogwood selain untuk tambahan dekorasi. Penggunaan tanaman air yang mengapung untuk menghalangi cahaya yang masuk secara berlebihan juga sangat disarankan. Buntal mungil ini paling baik dipelihara dalam kondisi pencahayaan yang remang-remang atau redup. Usahakan kondisi sirkulasi air dalam akuarium dijaga tetap pada kondisi minimum.