Apa yang Anda ketahui tentang Greenpeace?

Greenpeace
Untuk melindungi kelestarian ekosistem terbentuklah beberapa organisasi yang bergerak dalam hal tersebut , dan Greenpeace adalah salah satu dari organisasi yang bergerak dalam lingkungan hidup.

Organisasi ini berpusat di Amsterdam, Belanda. Saat ini anggotanya sudah meliputi hampir seluruh dunia. Greenpeace merupakan organisasi pencinta lingkungan yang sangat gigih berjuang melawan tindakan yang dapat merusak lingkungan. Tidak jarang mereka harus berhadapan dengan pemerintahan suatu negara ketika memperjuangkan misinya. Anggota Greenpeace tergolong sangat berani. Mereka pernah menghadang kapal pengangkut limbah nuklir dengan hanya menggunakan perahu boat. Mereka juga sering bentrok dengan aparat suatu negara saat kampanye atau memprotes kebijakan suatu negara yang bertentangan dengan pelestarian lingkungan. Untuk mengenal organisasi ini lebih jauh silakan buka website-nya di www.greenpeace.org.

Greenpeace merupakan International Non-Governmental Organizations yang bergerak dalam bidang lingkungan hidup, dan kegiatannya khusus melakukan advokasi atau kampanye. Dalam menangani isu-isu lingkungan hidup Greenpeace hanya melakukan kegiatan-kegiatan advokasi dan tidak mengimplementasikan program seperti yang dilakukan INGO lingkungan hidup yang lain. Dalam hal finansial, Greenpeace tidak meminta atau menerima dana dari pemerintah, perusahaan atau partai politik. Greenpeace mendapatkan dana dari sumbangan individual sebagai pendukung (supporter) dan dana hibah dari yayasanyayasan yang sudah teruji komitmennya. Greenpeace mendapatkan dana paling besar dari individu yang bersimpati pada Greenpeace dan memiliki kepedulian yang sama dengan Greenpeace. Nilai-nilai ini membantu Greenpeace lebih independen ketika harus berhadapan dengan pemerintah dan perusahaan. Greenpeace sebagai organisasi non-pemerintah juga memegang teguh prinsip transparansi dan akuntabilitas. Dua prinsip ini menjadi penting karena Greenpeace harus mempertanggungjawabkan pengelolaan keuangannya kepada para supporter individu dan foundation yang memberikan dana untuk membiayai aktivitasnya.

1. Peran Greenpeace Dalam Bidang Advokasi

Greenpeace sebagai NGO lingkungan juga memiliki peran advokasi terkait dengan rehabilitasi dan perlindungan hutan rawa gambut di Semenanjung Kampar. Kegiatan membela, memajukan, menciptakan dan melakukan perubahan untuk melindungi hutan rawa gambut di Semenanjung Kampar, terus dilakukan Greenpeace pada tingkat masyarakat lokal, pemerintah daerah dan pusat serta forum internasional. Kegiatan advokasi dalam bidang lingkungan dilakukan Greenpeace demi tercapainya penyempurnaan program pelestarian lingkungan hutan rawa gambut. Upaya-upaya Greenpeace dalam bidang advokasi meliputi beberapa kegiatan yaitu:

  • Mengidentifikasi Masalah Yang Dihadapi Masyarakat di Sekitar Hutan Rawa Gambut
  • Menyebarkan Informasi kepada Masyarakat tentang Pentingnya Pelestarian Hutan Rawa Gambut
  • Advokasi Greenpeace Pada Tingkat Regional dan Internasional

2. Peran Greenpeace Dalam Bidang Monitoring

Salah satu peran Greenpeace sebagai INGO lingkungan adalah melakukan pengawasan atau monitoring langsung terhadap program-program pelestarian lahan gambut yang dilakukan masyarakat dan pemerintah. Greenpeace melakukan pengawasan dengan cara terjun langsung ke lapangan untuk menilai apakah kebijakan yang dijalankan pemerintah dan perusahaan terkait dengan pelestarian hutan rawa gambut sudah sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Monitoring juga dilakukan Greenpeace untuk memperkecil pelangaran-pelangaran yang terjadi dalam penyelesaian program di lapangan. Kegiatan monitoring yang dilakukan Greenpeace di kawasan hutan rawa gambut meliputi:

  • Pengawasan dan patroli bersama masyarakat di sekitar hutan rawa gambut.
  • Mengawasi implementasi kebijakan pemerintah tentang pelestarian hutan rawa gambut.
  • Mengawasi aktivitas-aktivitas perusahaan yang beroperasi agar tidak merusak hutan rawa gambut yang ada.

image

3. Peran Greenpeace di Bidang Fasilitasi

Dalam menjalankan visi dan misinya di Semenanjung Kampar, Greenpeace juga berperan sebagai lembaga yang bergerak di bidang fasilitasi. Lembaga tersebut merupakan lembaga yang mempunyai orientasi dengan memberikan kontribusi berupa pengarahan dan pengadaan fasilitas, yang ditujukan kepada masyarakat sipil, baik secara langsung maupun melalui lembaga yang sudah ditunjuk. Greenpeace merupakan lembaga yang memfasilitasi berbagai kegiatan terkait dengan usaha merestorasi dan melestarikan hutan rawa gambut. Peran tersebut dituangkan dalam kegiatan komunikasi antara masyarakat, pemerintah daerah dan nasional dengan para pemangku kepentingan maupun antarnegara terkait dengan program bersama-sama merestorasi dan melindungi hutan rawa gambut.

4. Peran Greenpeace di Bidang Konsultasi

Selain sebagai lembaga yang memfasilitasi komunikasi antar pemerintah dan masyarakat, Greenpeace juga menepatkan dirinya sebagi lembaga yang memberikan informasi dan konsultasi. Konsultasi dan tanya jawab yang dilakukan Greenpeace kepada masyarakat dan instansi pemerintah merupakan salah satunya kegiatan yang dilakukan Greenpeace dalam program-programnya terkait usaha untuk melestarikan hutan rawa gambut. Sebagai lembaga yang mempunyai peran konsultasi, Greenpeace memberikan informasi dan menyediakan dirinya sebagai tempat untuk masyarakat, institusi dan pemerintah melakukan tanya jawab, serta memberikan informasi bagi yang mengembangan lahan gambut untuk dijadikan lahan yang bernilai ekonomis.

Greenpeace merupakan salah satu organisasi non-pemerintah yang bergerak dalam berbagai isu lingkungan yang terjadi di dunia. Pekerjaan global Greenpeace didasarkan pada filosofi bersama, yaitu Greenpeace percaya bahwa tindakan positif dan tanpa kekerasaan akan membawa perubahan. Greenpeace juga mempromosikan isu-isu lingkungan kepada publik dan memberikan informasi yang lengkap kepada masyarakat. Selain itu Greenpeace juga mengekspos dan memecahkan masalah yang sedang dihadapi. Untuk sistem pendanaan Greenpeace tidak menerima dana dari pemerintah, bisnis atau kelompok politik lainnya Greenpeace hanya menerima dana dari sumbangan langsung dari warga dan dana independen. Hal ini dilakukan agar menjaga ketidakberpihakan dan kemandirian Greenpeace sebagai organisasi internasional non pemerintah yang terkemuka di seluruh dunia (www. Greenpeace .org).

Greenpeace juga memiliki 5 nilai-nilai utama yaitu, tanggung jawab dan non-kekerasan, independen, tidak memiliki musuh atau sekutu, mempromosikan solusi, transparansi dan akuntabiltas politik. Dalam mengembangakan strategi dan kebijakannya Greenpeace sangat berhati-hati dan mencerminkan penghormatan mendasar terhadap prinsp-prinsip demokrasi untuk mencari solusi yang akan mempromosikan kesetaraan sosial global. Prinsip-prinsip dan landasan Greenpeace juga tercermin dalam semua pekerjaan lingkungan di seluruh dunia, dimana prinsip-rinsip tersebut yaitu:

  • Tindakan positif, dalam hal ini Greenpeace menggunakan konfrontasi kreatif tanpa kekerasan untuk meningkatkan level dan kualitas debat politik.
  • Global, Greenpeace mengatasi maslah lingkungan lintas batas dan memanfaatkan kecerdasan dan sumber daya global.
  • Kredibiltas, Greenpeace merupakan sebuah organisasi yang kredibel yang menyebakan investigasi penelitian dan tindakan independen untuk meyoroti masalah lingkungan serta solusinya.
  • Independensi, Greenpeace memastikan kemandirian finansial dari kepentingan politik atau komersil. Kemudian dalam hal pendanaan Greenpeace tidak meminta atau menerima dana dari pemerintah, perusahaan dan partai politik. Greenpeace juga tidak menerima atau mencari donasi yang dapat membahayakan independensi, tujuan, sasaran atau integritasnya. Greenpeace hanya menerima danan dari para pendukung dan yayasan individu sebagai satu-satunya sumber dukungan finansial Greenpeace . Dalam melaksanakan berbagai tindakannya Greenpeace menggunakan beberapa cara yaitu, investigation, researching, monitoring, repoting dan lobbying . ( Greenpeace East Asia, 2011).

Visi dan Misi Greenpeace


Misi Greenpeace khususnya Greenpeace Asia Tenggara adalah: Melindungi hak-hak lingkungan; Mengekspos dan menghentikan kejahatan lingkungan; dan Mengedepankan pembangunan bersih. Organisasi ini dibentuk untuk menjaga dan melestarikan lingkungan di seluruh dunia. Masalah kerusakan lingkungan sudah menjadi isu sejak lama dan beberapa konvensi maupun konferensi telah diadakan untuk membahas isu-isu lingkungan yang terjadi. Dalam Agenda 21 paragraf 27.3 bab 27 tentang Strengthening the Role of Non-Governmental Organizations: Partners for Sustainable Development , menyebutkan bahwa:

Non-governmental organizations, including those non-profit organizations representing groups addressed in the present section of Agenda 21, possess well-established and diverse experience, expertise and capacity in fields which will be of particular importance to the implementation and review of environmentally sound and socially responsible sustainable development, as envisaged throughout Agenda 21. The community of non-governmental organizations, therefore, offers a global network that should be tapped, enabled and strengthened in support of efforts to achieve these common goals .”

Struktur Organisasi Greenpeace


Organisasi Greenpeace terdiri dari Greenpeace Internasional ( Stichting Greenpeace Board ) di Amsterdam dan kantor-kantor Greenpeace diseluruh dunia sekarang berada di negara. Kantor nasional atau regional Greenpeace memiliki izin untuk menggunakan nama Greenpeace . Setiap kantor diatur oleh pengurus yang menunjuk perwakilan (yang disebut trustee ). Trustees bertemu sekali setahun untuk menyetujui strategi organisasi jangka panjang, untuk membuat perubahan-perubahan yang dibutuhkan untuk struktur pemerintahan, untuk mengatur keuangan Greenpeace Internasional dan untuk menyeleksi Pengurus Internasional dari empat anggota dan seorang ketua. Board of Directors of Greenpeace International (Stichting Greenpeace Council’s International Board ) pada umumnya terdiri dari tujuh anggota. Tugasnya untuk menyetujui anggaran dana Greenpeace Internasional dan mengaudit akun, dan untuk menunjuk dan mengawasi Greenpeace International’s Executive Director. International Board juga bertanggung jawab atas keputusan pada strategi cakupan luas dan isu kampanye organisasi yang lebih lebar: memutuskan kebijakan organisasi; menyetujui program global proses penanaman, menyetujui pembukaan keputusan nasional baru; memberi izin untuk menggunakan merek dagang Greenpeace kepada organisasi Greenpeace baru.

Anggota International Board dipilih untuk jangka waktu tiga tahun oleh dewan: perwakilan dari organisasi nasional/ regional pada Annual General Meeting (AGM)-Rapat Umum Tahunan. Semua anggota pengurus dapat ditunjuk kembali tetapi dalam prakteknya jumlah masa jabatan dibatasi selama dua periode berturut-turut. International Boardmemberi laporan tahunan kepada Greenpeace International AGM. Greenpeace Internasional mengawasi perkembangan organisasi kantor-kantor Greenpeace , mengawasi perkembangan dan pemeliharaan armada kapal, mengoordinasikan rencana dan implementasi kampanye global, dan mengawasi pemenuhan dengan kebijakan utama.

Greenpeace tidak meminta atau menerima dana dari pemerintah, perusahaan, atau partai politik. Greenpeace tidak mencari atau menerima sumbangan yang dapat membahayakan kemerdekaan, tujuan, sasaran atau integritas. Greenpeace hanya bergantung pada sumbagan sukarela dari para pendukung perorangan, dan dana hibah dari yayasan.

Greenpeace berkomitmen terhadap prinsip non-kekerasan, kemerdekaan politik, dan internasionalisme. Dalam mengekspos ancaman terhadap lingkungan dan bekerja untuk menemukan solusi, Greenpeace tidak memiliki sekutu atau musuh permanen.

Kegiatan dan Prestasi Greenpeace Kegiatan yang dilakukan oleh Greenpeace tentu saja yang berkaitan dengan masalah lingkungan. Tujuan Greenpeace adalah untuk meyakinkan kemampuan bumi untuk memelihara kehidupan dalam segala aspek. Oleh karena itu Greenpeace berusaha untuk:

  • Melindungi keanekaragaman hayati dalam segala bentuk;
  • Mencegah polusi dan perusakan laut, tanah, air dan air segar;
  • Mengakhiri segala kegiatan nuklir;
  • Mempromosikan perdamaian, pelucutan senjata global tanpa kekerasan.

Adapun beberapa prestasi yang telah dicapai oleh Greenpeace dalam upaya pelestarian lingkungan:

  • Greenpeace Internasional berhasil membuat Mattel, perusahaan mainan terbesar di dunia, untuk menginstruksikan para supliernya untuk menghindari serat kayu dari sumber kontroversial, termasuk perusahaan yang diketahui terlibat dalam pengerusakan hutan.
  • Greenpeace Internasional berhasil membuat H&M, Adidas, Nike, dan Puma untuk menghapus semua penggunaan zat-zat kimia yang berbahaya dari seluruh rantai pasokan mereka, dan seluruh produk daur ulang mereka pada tahun 2020.
  • Pada tahun 2009, setelah melakukan tekanan menolak Nuklir di seluruh kawasan Asia Tenggara, Greenpeace berhasil membuat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mencabut rencana pembangunan PLTN dan mengatakan akan mengembangkan energi terbarukan sebagai alternatif sebelum memilih nuklir.

Apa yang disebutkan diatas hanyalah sebagian kecil dari prestasi-prestasi yang telah diraih oleh Greenpeace . Masih banyak prestasi lain yang telah Greenpeace peroleh dalam menyelamatkan lingkungan hidup.