© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa yang anda ketahui tentang film Bill Cunningham New York?


Merupakan salah satu film dokumenter 2011 yang bercerita mengenai fashion.

Film dokumenter yangd dirilis pada 2011 silam ini bercerita tentang sosok Bill Cunningham, seorang fotografer ‘street style’. Pria berusia 83 tahun itu merupakan fotografer The New York Times yang dikenal selalu mengendarai sepeda tua dan tinggal di sebuah apartemen yang hanya berisi deretan kotak berisi foto hasil jepretannya. Cunningham memiliki mata yang membuat iri para editor mode karena mampu memprediksi tren mode terbaru.

Film ini dibuka dengan adegan Bill Cunningham menggowes sepedanya menyusuri trotoar jalan. Tubuh kurusnya sedikit terlihat tebal karena jaket biru yang selalu ia kenakan. Seketika ia pun berhenti lalu merapatkan sepeda ke tiang lampu jalan dan menguncinya. Sejurus kemudian ia sudah siap dengan Nikon FM-nya, lautan manusia yang sedang menyebrang jalan pun ia selami. Matanya selalu awas menelusuri busana tiap pejalan kaki, dari kepala hingga kaki. Tiap kali ada yang menarik perhatiannya ia langsung menghampiri, lalu dengan lincahnya memotret. Ekspresi ceria tak pernah lepas dari wajah tirus penuh keriputnya persis seperti seorang anak kecil yang kegirangan.

“The best fashion show is on the street, always has been and always will be,” itulah kalimat pertama yang akan kita dengar dari mulut Bill dalam film ini.

Semakin tua semakin jadi
Melihat adegan awalnya saja rasanya tiap penontonnya akan sepakat untuk menyatakan terkesima dan salut atas aksi Bill. Dia begitu semangat. Kelincahannya saat memotret akan meruntuhkan stigma tentang kondisi fisik manusia lanjut usia. Anna Wintour, chief editor dari majalah Vogue Amerika yang menjadi narasumber dalam film ini pun mengatakan kalau Bill memotret fesyen jalanan selayaknya fotografer perang. Yap, dia benar-benar tidak terlihat seperti seorang tua.
Dalam film sesekali ditampilkan pula rekaman dokumentasi video saat Bill berusia 60 tahun sedang memotret. Tubuhnya begitu tegap, ekspresinya dingin walau tetap sering tersenyum. Jika dibandingkan, aksinya lebih terlihat lincah saat ia berusia 80 tahun.
Foto-foto snapshot Bill secara rutin dimuat oleh harian The New York Times dalam dua rubrik, Evening Hours yang memuat foto-foto snapshot para politikus dan rubrik In The Street yang menampilkan tren berbusana masyarakat New York. Di antara kedua rubrik itu, rubrik In The Street-lah yang paling terkenal. Bill memberikan tema pada foto-foto yang akan ditampilkannya, misalnya, topi, sepatu, tema warna atau secara khusus menampilkan snapshot busana dari satu orang yang sama. Harold Koda, seorang kurator, dalam film ini mengatakan bahwa foto-foto Bill menangkap jelas perkembangan masyarakat New York dilihat dari gaya berbusananya. Sederhannya, foto-foto dalam rubrik itu adalah New York versi Bill Cunningham.