Apa yang Anda ketahui tentang Danau Kastoba?

Danau Kastoba

Gresik memang memiliki banyak objek wisata yang sangat unik, salah satunya adalah Danau Kastoba. Di balik keindahannya, danau kastoba ini juga menyimpan cerita yang sangat menarik. Apa yang anda ketahui tentang Danau Kastoba : Danau yang Terletak di Atas Bukit dan Tengah Pulau Bawean ?

Danau Kastoba berada di Desa Paromaan Candi Kecamatan Tambak, Pulau Bawean. Kamu pasti akan mendapatkan suasana yang tenang dan damai di danau yang seluas 725 Ha ini. Lokasinya yang berada di atas bukit dan dikelilingi oleh pohon rimbun membuat udara di sekitarnya menjadi sejuk. Sekilas nama danau ini hampir serupa dengan danau yang berada di Sumatera Utara, yaitu Danau Toba. Danau ini juga telah menjadi bagian dari cagar alam sejak tahun 1979.

Ternyata di balik keindahannya, Danau Kastoba ini menyimpan cerita yang sangat menarik terkait dengan asal-usul dari keberadaannya. Meskipun hanya sekedar legenda yang berkembang di masyarakat, cerita ini tetap menarik diikuti dan menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Menurut cerita yang berkembang, pada zaman dahulu Pulau Bawean masih bernama Pulau Majeti. Dan di tengahnya terdapat sebuah pohon besar, anggun nan rindang. Sehingga jika seseorang berdiri dibawahnya, ia dapat meraih sebagian daun dari pohon tersebut.

Singkat cerita, Pohon tersebut dicabut oleh Ratu Jin yang menguasai Pulau Majeti. Ia sangat murka lantaran ada seorang pemuda buta yang memetik daun dari pohon besar tersebut. Konon katanya, bekas cabutan dari pohon ini menjadi sumber mata air dan membentuk sebuah danau. Hingga kini, danau itu masih asri, rindang, dan lekat dengan aura mistis. Danau ini juga dikenal dengan Danau Kastoba.