Apa yang Anda ketahui tentang Colosseum, Roma?

Colosseum

Colosseum adalah amphitheater peninggalan romawi terbesar yang pernah dibuat. Amphitheater berbentuk elips yang berada di pusat kota Roma ini merupakan salah satu pencapaian terbesar bangsa Romawi kuno dibidang Arsitektur. Stadion ini mampu menampung 50,000 penonton dimana dulunya digunakan sebagai Arena Gladiator.

Dibangun dengan material batu dan beton, konstruksinya dimulai sekitar tahun 72M dan selesai pada 80M. Siapa sangka desain dan bentuk Colosseum ini telah menginspirasi model stadion modern saat ini. Colosseum sekarang ini telah menjadi objek wisata paling terkenal di Roma yang mampu menarik ribuan pengunjung setiap tahunnya.

Rekonstruksi Colosseum dimulai dari perintah Raja Vespasian tahun 72 M dan terselesaikan oleh anaknya Titus pada tahun 80 M. Colosseum didirikan berdekatan dengan sebuah istana megah yang sebelumnya dibangun Nero, yang bernama Domus Aurea yang dibangun sesudah kebakaran besar di Roma pada tahun 64 M. Dio Cassius seorang ahli sejarah mengatakan bahwa ada sekitar 9000 hewan buas yang telah terbunuh di 100 hari sebagai perayaan peresmian dan pembukaan Colosseum tersebut. Lantai dari arena Colosseum tertutupi oleh pasir untuk mencegah agar darah-darah tidak mengalir kemana-mana.

  • Arsitek : chikippa
  • Lokasi : Roma, Italia
  • Tahun pembuatan : 70-82 M
  • Tipe bangunan : Amphiteater/ Gedung pertunjukkan besar
  • Warna bangunan : Urban
  • Gaya Bangunan : Roman Kuno

Apa yang Anda ketahui tentang Colosseum, Roma ?