Apa yang anda ketahui tentang Burung Marabou?

Burung marabou

Burung marabou adalah jenis burung yang suka mengelompok untuk berburu mangsa yang hidup tetapi mereka memakan juga daging yang busuk. Jenis burung bangau paling menyeramkan diantara jenis bangau lainnya. Burung marabu atau Marabou stork (Leptoptilos crumeniferus) adalah satu-satunya jenis burung di Afrika yang memiliki reputasi cukup buruk sebagai burung yang termasuk dalam keluarga burung bangau (Ciconiidae).

Burung bangau marabou (marabou stork; Leptoptilos crumeniferus) yang secara fisik memiliki penampilan yang seolah-olah merupakan hasil persilangan antara burung bangau dengan burung vultur / nasar pemakan bangkai. Seperti bangau, marabou memiliki paruh, leher, & kaki yang panjang. Namun seperti burung-burung pemakan bangkai, marabou memiliki kepala berambut tipis & kebiasaan berkumpul di sekitar bangkai. Dalam tangga klasifikasi ilmiah sendiri, burung marabou dianggap memiliki kekerabatan lebih dekat dengan bangau karena mereka digolongkan sebagai anggota famili Ciconiidae yang anggotanya adalah burung-burung berparuh & berleher panjang.

Walaupun kelihatannya menyeramkan, marabou pada dasarnya bukanlah hewan yang berbahaya bagi manusia karena cara makan mereka yang umumnya hanya mengincar bangkai. Bagi manusia sendiri, marabou secara tidak langsung adalah hewan yang bermanfaat karena mereka membantu menekan persebaran kuman penyakit dari bangkai-bangkai yang membusuk. Di masa lalu, bulu-bulu ekor marabou juga dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan pembuat syal & topi. Marabou juga belakangan kerap terlihat mencari sisa-sisa makanan di tempat pembuangan sampah di kompleks pemukiman manusia. Karena kemampuannya beradaptasi di lingkungan yang dihuni manusia & begitu jarangnya burung ini diburu pada masa kini, para ahli meyakini bahwa populasi marabou di alam liar saat ini masih melimpah.