Apa yang anda ketahui tentang Burung Cendrawasih?

cendrawasih

Burung Cenderawasih merupakan anggota famili Paradisaeidae dari ordo Passeriformes. Mereka ditemukan di Indonesia timur, pulau-pulau selat Torres, Papua Nugini, dan Australia timur. Burung anggota keluarga ini dikenal karena bulu burung jantan pada banyak jenisnya, terutama bulu yang sangat memanjang dan rumit yang tumbuh dari paruh, sayap atau kepalanya.

Ukuran burung Cenderawasih mulai dari Cenderawasih raja pada 50 gram dan 15 cm hingga Cenderawasih paruh-sabit Hitam pada 110 cm dan Cenderawasih manukod jambul-bergulung pada 430 gram.

Burung Cendrawasih merupakan anggota Paradisaeidae dari ordo Passeriformes dan berasal dari Papua, tetapi banyak juga terdapat di Papua Nugini dan Australia.

Karena keindahan bulunya, maka burung Cendrawasih diberi gelar burung dari surga, atau bird of paradise yang memiliki telur hanya satu pada jenis burung besar, dan dua atau tiga pada burung kecil.

Bulu-bulu burung Cendrawasih yang menjadi maskot Papua ini sangat indah yang menjadikannya menjadi kebutuhan fashion dunia.