Apa yang anda ketahui tentang biografi Panembahan Ratu : Sultan Cirebon Ke II ?

Panembahan Ratu merupakan gelar bagi Raja Cirebon ke II adapun nama aslinya adalah Pangeran Agung. Panembahan Ratu naik tahta pada tahun 1568 Masehi. Beliau memerintah Cirebon sampai tahun 1649 Masehi, dengan demikian maka beliau memerintah Cirebon selama 86 Tahun.

Panembahan Ratu merupakan Cicit dari Syarif Hidayatullah, (Sunan Gunung Jati) yang merupakan anak Pangeran Sedang Kemuning Bin Pangeran Pasarean Bin Syarif Hidayatullah. Diangkatnya Pangeran Agung menjadi Sultan Ke II Cirebon dikarenakan pangeran yang sebelumnya digadang-gadang menjadi Sultan Pengganti Sunan Gunung Jati wafat Sebelum dinobatkan.

Tidak disebutkan berapa jumlah Istri Panembahan Ratu, akan tetapi dari Istri-istrinya itu, yang menjadi permaisuri beliau adalah Ratu Mas Glampok Riris, beliau merupakan Putri dari Sultan Pajang Ke I (Jaka Tingkir). Menurut Naskah Carita Purawaka Caruban Nagari pernikahan tersebut terjadi pada tahun 1571 masehi. Dari Perkawinannya dengan Puteri Jaka Tingkir itu, beliau memperloleh lima orang anak yaitu:

  • Pangeran Sedang Blimbing
  • Pangeran Arya Kidul
  • Pangeran Wiranegara
  • Ratu Emas Ranamenggala, dan
  • Pangeran Carbon

Sementara itu mengenai kewafatan beliau, Menurut sumber babad belau wafat ketika beliau berumur 140 Tahun tepatnya pada tahun 1649 Masehi. Beliau kemudian dimakamkan di Komplek makam Raja-Raja Cirebon di Astana Gunung Jati.

Apa yang anda ketahui tentang biografi Panembahan Ratu : Sultan Cirebon Ke II ?