Apa yang anda ketahui tentang Benteng Duurstede di Saparua ?

benteng

(ShinonSam) #1

Benteng Duurstede berfungsi sebagai bangunan pertahanan serta pusat pemerintahan VOC selama menguasai wilayah Saparua. Benteng Duurstede terletak di kota Saparua, kurang lebih 50 mil dari Ambon. Apa yang anda ketahui tentang Benteng Duurstede di Saparua ?


(macoy) #2

Benteng Duurstede yang terletak di pulau Saparua Maluku-Tengah, merupakan salah satu peninggalan sejarah jaman VOC. Pada awalnya benteng Duurstede ini dibangun oleh Portugis yang menjajah Maluku pada tahun 1676, yang kemudian direbut dan dimanfaatkan kembali oleh Gubernur Ambon Mr. N. Schaghen pada tahun 1691. Benteng Duurstede ini dipakai sebagai pusat pertahanan dan pemerintahan VOC selama menduduki Saparua.

Benteng ini juga menjadi saksi gigihnya perjuangan yang dipimpin oleh seorang pejuang bangsa Indonesia yang sangat berpengaruh yaitu Kapitan Patimura, yang pada 16 Mei 1817 memimpin rakyat Saparua untuk menyerbu benteng Duurstede. Jatuhnya benteng Duurstede membuat kedudukan VOC di Maluku dan Batavia goncang. Hal ini menyebabkan VOC berusaha kembali merebut benteng Duurstede.

Benteng Duurstede

Sampai saat ini, benteng Duurstede masih memliki bentuk yang lumayan utuh, dengan dikelilingi pemandangan yang indah. kalau dilihat memang benteng ini berada di posisi yang sangat strategis karena menghadap tepat ke arah laut, yang dilindungi oleh pegunungan.