Apa yang anda ketahui tentang ayam onagadori ?

Sebelum memilih untuk memeliharanya perlunya mengetahui ciri-ciri ayam onagadori, lalu Bagaimana ciri-ciri dan karakteristik dari ayam onagadori ?

Ayam Kebanggaan Jepang

Onagadori memiliki panjang ekor rata-rata antara 2,5 – 9 meter. Namun, rekor yang pernah dicapai, panjangnya 11,8 meter. Ups! Panjang sekali! Pantas saja onagadori disebut rajanya ayam berekor panjang.

Onagadori berasal dari Provinsi Kochi, Jepang. Karena berekor panjang, ayam itu diberi nama onagadori. Ini adalah bahasa jepang yang terdiri dari 3 kata. Yaitu O, naga, dan dori. O artinya ekor. Naga artinya panjang. Dori artinya unggas.
Onagadori adalah ayam kebanggaan Jepang. Pemerintah Jepang sampai menyebut peternak onagadori di Provinsi Kochi sebagai monumen alam yang spesial. Mereka dibebaskan dari pajak.

Keturunan Ayam Shokoku

Belum diketahui asal-usul onagadori. Tetapi menurut cerita rakyat, pada tahun 1600-an pangeran yang menguasai wilayah Yamanouchi yang berada di semenanjung selatan Shikoku memiliki pelindung kepala dan tombak yang dihiasi dengan bulu ayam yang panjang.

Pelindung kepala dan tobak itu dikenakan pada saat upacara khusus. Misalnya upacara untuk menghormati Kaisar Teno.

Katanya bulu ayam itu berasal dari ayam shokoku. Ayam shokoku itu menurunkan beberapa jenis ayam berekor panjang di Jepang. Salah satunya onagadori.

Ciri Ayam Onagadori

  • Memiliki bentuk tubuh yang indah sehingga ayam onagadori termasuk ayam hias.
  • Memliki ekor yang sangat panjang hingga mencampai 20 meter.
  • Memiliki warna di antaranya kuning, merah, putih, hitam dan kombinasi dari beberapa warna tersebut.
  • Untuk ayam onagadori pejantan memiliki berat antara 1,8 kg sampai 2 kg.
  • Untuk ayam onagadori betina biasanya memiliki berat antara 1 kg hingga 1,3 kg.
  • Kemudian telur ayam onagadori berwarna cokelat muda.

sumber :