© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa yang anda ketahui tentang alat musik tradisional arbab ?

Arbab

Apa yang anda ketahui tentang alat musik tradisional arbab ?

Musik Arbab tercatat berkembang di daerah Pidie, Aceh Besar dan Aceh Barat. Alat music tersebut adalah merupakan salah satu alat musik gesek tradisional Aceh. Instrumen ini terdiri dari dua bagian, yakni instrumen induk yang disebut Arbab, serta penggeseknya yang disebut Go Arbab.

Arbab tergolong ke dalam alat musik kordofon atau instrumen yang sumber bunyinya berasal dari dawai.

Arbab terbuat dari tempurung kelapa, kulit binatang (kambing), kayu dan senar dalam pembuatannya. Sedangkan untuk alat gesek yang berbentuk berbentuk busur tersebut terbuat dari serat tumbuhan, rotan dan kayu. Bisa dibilang benda ini merupakan hasil kreatifitas tangan dari Aceh.

Alat musik arbab biasa digunakan dalam beberapa acara pertunjukkan hiburan rakyat seperti ketika ada pasar malam atau pawai. Lagu yang dibawakan biasanya berupa cerita pendek yang diselingi dengan humor ringan yang mudah ditangkap pendengarnya.

Selain itu, fungsi alat musik Arbab biasa dimainkan untuk mengiringi lagu-lagu tradisional, bersama Geundrang/Rapai dan sejumlah alat musik trandisional lainnya, Yang mana alat musik Arbab Berfungsi sebagai instrumen utama pembawa lagu. menurut tradisinya, musik tersebut biasa dimainkan dalam acara-acara keramaian rakyat, seperti hiburan rakyat dan pasar malam.

Alat musik tradisional arbab dimainkan dengan cara di gesek.

Ringkasan

https://alatmusikindonesia.com/alat-musik-tradisional-yang-digesek/