Apa yang akan terjadi ketika shutter count melampaui batas maksimal?

shutter count

Saya sedang dihantui pertanyaan seperti bakal gimana sih nasib kita kalo shutter count kamera kita sudah abis. Memang sih kebanyakan orang jualan kamera bekas hal pertama yang ditanya pasti shutter count (SC) udah berapa. Semakin tinggi jumlah shutter count-nya maka akan mengurangi harga kamera tersebut. Jadi apa yang akan terjadi ketika shutter count habis?

Dilansir tim Nextren dari berbagai sumber, ternyata ketika shutter count melampaui batas maksimal akan berpengaruh pada kamera. Pasalnya, beberapa kamera akan mengalami macet saat hendak mengambil gambar. Ya, SC yang tinggi membuat tombol shutter (tombol untuk mengambil gambar) berkurang kinerjanya.

Kinerja yang tak maksimal tersebut, akan membuat momen pengambilan gambar terhenti beberapa saat, sebelum akhirnya benar-benar menjepret objeknya. Hal ini tentu mempengaruhi hasil dari foto yang diambil oleh sang fotografer. Pasalnya, jika tangkapan gambar tak cepat, besar kemungkinan objek akan menjadi blur dan kurang fokus. Namun setiap masalah tentu ada solusinya masing-masing termasuk ketika shutter count sudah melampaui batas. Hal yang bisa dilakukan adalah dengan menggantinya di toko kamera (usahakan resmi) terdekat. Tentu hal tersebut dikenakan biaya tergantung jenis kamera yang Anda miliki.

Semoga bermanfaat :slight_smile: