Apa yang adan ketahui tentang Ikan Betok atau Anabas testu dineus ?

Ikan air tawar betok (Anabas testu dineus) adalah jenis ikan air tawar yang umumnya dapat kita jumpai di rawa-rawa, sawah, sungai, dll. Ikan ini memangsa aneka jenis serangga dan hewan-hewan air yang berukuran kecil. ikan betok jarang di pelihara orang, lebih sering di tangkap sebagai ikan liar untuk keperluan konsumsi.

Dalam keadaan normal, sebagaimana ikan pada umumnya, ikan betok bernapas dalam air menggunakan insang. Akan tetapi seperti ikan lele dan ikan gabus, ikan betok juga mempunyai kemampuan untuk mengambil oksigen secara langsung dari udara. Karena, ikan ini memiliki organ labirin (labyrinth organ) yang berada dikepalanya, yang memungkinkan hal itu dapat dilakukan.

Alat bantu pernafasan ini sangat berguna apabila ikan mengalami kekeringan dan harus berpindah ke tempat lain yang masih memiliki air. Ikan Betok mampu berjalan dan merayap naik didaratan karena menggunakan tutup insangnya yang dapat dimekarkan, dan insangnya juga berguna sebagai ‘kaki depan’. Namun, ikan ini tidak dapat terlalu lama bertahan ketika berada di daratan, dan harus mendapatkan air dalam waktu beberapa jam atau ia akan mati. Ikan ini menyebar luas, mulai dari Asia Tenggara, India dan Tiongkok.

Morofologi ikan betok

Ukuran panjang tubuh makasimum 25 cm
Kepala yang besar
Tubuh gemuk memanjang
Sisik keras dan kaku
Sisi bagian atas tubuh gelap kehitaman agak kecoklatan atau kehijauan
Sisi bagian samping tubuh kekuningan terutama bagian perut, dengan garis-garis gelap melintang yang samaa dan tidak beraturan

Apa yang adan ketahui tentang Ikan Betok atau Anabas testu dineus ?