Apa Wacana Krisis Teknis yang terjadi oleh pembangunan Grand Ethiopian Renaissance Dam?

Jan Selby dalam tulisannya Thapliyal (2011) menyebutkan bahwa krisis air yang terjadi di Negara Ethiopia sebagai kondisi yang mana terjadi sebuah wacana ekologis, wacana teknis, serta wacana politis. Apa Wacana Krisis Teknis yang terjadi oleh pembangunan Grand Ethiopian Renaissance Dam?

Menurut Muhammad Mohdar dkk, dalam Jurnal Hubungan Internasional yang berjudul Alasan Pemerintah Etiopia Membangun Grand Ethiopian Renaissance Dam (GERD) di Kawasan Sumber Daya Air Lintas Batas Negara menyebutkan bahwa wacana teknis juga menjadi salah satu upaya yang tengah dilakukan oleh Pemerintah Etiopia untuk menghindari wacana krisis air.

Etiopia hingga tahun 2017 masih belum memiliki manajemen pasokan air memadai ditengah derasnya peningkatan populasi. Etiopia telah menyatakan keinginan politis kuat untuk meningkatkan akses air dan sanitasi untuk masyarakatnya meliputi beberapa upaya peningkatan manajemen air yang lebih baik. Peneliti pada akhirnya melihat bahwa GERD merupakan gambaran dari upaya peningkatan dan pengembangan infrastruktur fisik yang selama ini masih belum memadai sehingga terjadi kekeringan berulang dan krisis pangan yang cukup parah.