Apa tujuan pembuatan produk roadmap ?

Dalam proses pembuatan produk perlu adanya roadmap, apa tujuan dilakukannya pembuatan produk roadmap?

Awalnya kita perlu mengetahui, pengertian roadmap itu sendiri. Roadmap (Peta jalan) adalah dokumen strategi pemandu dan perencanaan untuk melaksanakan strategi yang ditampilkan secara ringkasan dengan visual tingkat tinggi yang memetakan apa saja visi dan arah produk kita dari waktu ke waktu.

Pengertian lain, Roadmap bisa juga dikatakan sebagai gambaran besar sebuah produk yang digambarkan secara sederhana.

Tujuan pembuatan roadmap:

  • menjelaskan visi dan strategi
  • Mendokumentasikan panduan untuk mengeksekusi strategi
  • Mendapatkan stakeholder internal untuk mencapai keselarasan
  • Memfasilitasi diskusi tentang perencanaan skenario
  • Membantu berkomunikasi dengan stakeholder eksternal termasuk pelanggan
  • Mencegah tim melakukan kesalahan, dengan menghindari pembuatan fitur yang tidak sesuai
  • Menentukan ukuran kesuksesan sebuah produk
  • Menginspirasi tim agar terus percaya diri dalam mengembangkan produk

Fungsi roadmap menurut Stakeholder:

1. Manajer Produk :
sebagai alat komunikasi dengan seluruh stakeholder dalam perencanaan produk ke depannya

2. Tim Desain :
sebagai alat untuk memahami arah tujuan dan fokus kepada kepuasan pengguna

3. Tim Pengembang :
sebagai alat untuk memudahakan dalam mengalokasikan Sumber Daya secara efisien

4. Tim Penjualan dan Pemasaran :
mempermudah dalam mengikat pelanggan lama dan mendatangkan pelanggan baru

5. Pengguna :
mempermudah pengguna dalam memahami nilai dari produk itu sendiri

6. Eksekutif dan pemilik perusahaan :
Sebagai alat untuk menilai apakah produk berjalan sesuai dengan tujuan bisnis yang telah direncanakan

7. Rekanan :
sebagai alat untuk merekatkan hubungan secara bersinergi

Sumber:

Product roadmap merupakan perencanaan yang menggambarkan bagaimana produk akan bekerja nantinya. Product roadmap digunakan untuk menyesuaikan para stakeholder yang ada dan untuk merencanakan anggaran dalam rangka pengembangan produk.

Dalam membuat roadmap, hal yang harus diperhatikan adalah bahwa roadmap yang dibuat sesuai dengan strategis produk yang telah dibuat dan harus diselaraskan dengan strategi perusahaan yang telah dibuat.

Tujuan dari dibuatnya roadmap yaitu :

  1. Menjelaskan visi dan strategi dari sebuah produk
  2. Menyediakan dokumen panduan yang digunakan untuk menjalankan strategi
  3. Membantu terjadinya komunikasi kepada seluruh stakeholder

Produk roadmap memiliki beberapa tujuan utama sebagai berikut:

  1. Mendeskripsikan visi dan strategi
  2. Menyediakan dokumen petunjuk untuk menjalankan strategi
  3. Membuat stakeholder menjadi selaras
  4. Merupakan fasilitas untuk berdiskusi perencanaan pilihan dan skenario
  5. Dapat membantu mengkomunikasikan ke stakeholder luar termasuk pelanggan

Sumber

Produk roadmap merupakan ringkasan visual tingkat tinggi yang memetakan visi dan arah produk kita dari waktu ke waktu. Produk roadmap juga dapat memberi informasi alasan apa yang mendasari sebuah produk dibuat. Sehingga produk roadmap disebut sebagai dokumen strategis untuk melaksanakan suatu strategi.

Tujuan dari produk roadmap adalah :

  • Menjelaskan visi dan strategi
  • Memberikan dokumen panduan untuk mengeksekusi strategi
  • Menentukan stakeholder internal
  • Memfasilitasi diskusi tentang opsi dan perencanaan sekenario
  • Membantu mengkomunikasikan dengan stakeholder external, termasuk pelanggan

Sebuah produk roadmap yang ideal harus dapat menyampaikan arah strategis untuk produk yang kita buat. Maka dari itu dengan tujuan yang diberikan oleh produk roadmap, perusahaan dapat mendefinisikan produk dengan jelas.

(sumber : What is a Product Roadmap? The Ultimate Guide and Resources )