Apa tujuan dilakukannya Qualitative Risk Analysis dalam sebuah proyek?

Analisis Risiko Kualitatif adalah penerapan metode untuk menentukan peringkat risiko yang teridentifikasi sesuai dengan potensi dampaknya pada tujuan proyek. Analisis Risiko Kualitatif harus ditinjau selama siklus hidup proyek untuk tetap mengikuti perubahan dalam risiko proyek.

Dalam sebuah pengerjaan proyek pasti terdapat tujuan yang biasanya sebagai berikut :

  • Proses Analisis Risiko Kualitatif yang dilakukan untuk mendapatkan penilaian dan mengevaluasi karakteristik risiko proyek yang diidentifikasi secara individual dan memprioritaskan risiko berdasarkan karakteristik yang disepakati.

  • Mengevaluasi kemungkinan dan dampak risiko individu pada tujuan proyek.

  • Risiko dikategorikan menurut sumber atau penyebabnya.

  • Mengidentifikasi area paparan risiko yang lebih besar (misalnya, tanggal penyelesaian proyek, anggaran, ruang lingkup yang disampaikan) dan memfasilitasi respons risiko.

  • Metode analisis risiko kualitatif diterapkan pada daftar risiko positif dan negatif yang dibuat atau diperbarui oleh Proses Identifikasi Risiko.

  • Analisis Risiko Kuantitatif yang membantu dalam menentukan risiko keseluruhan untuk tujuan proyek yang dihasilkan dari interaksi potensial dan efek gabungan dari semua risiko.

  • Anggapan risiko lebih efektif saat mengatasi akar penyebab (beberapa risiko yang berasal dari sumber umum).

Tujuan utama dari analisis risiko kualitatif adalah memprioritaskan risiko menurut probabilitas dan dampaknya. Sebuah proyek dapat terkena sejumlah besar risiko yang berbeda. Akan menjadi tidak praktis bagi seorang manajer proyek untuk menghabiskan waktu berurusan dengan setiap satu dari mereka, karena dalam banyak kasus, sumber daya yang dihabiskan untuk mitigasi akan lebih besar daripada dampak risiko yang sebenarnya.Mengevaluiasi kemungkinan serta dampak dari suatu resiko yang akan terjadi memungkinkan seorang Project manager untuk memberiokan prioritas terhadap resiko yang dianggap memiliki dampak yang paling signifikan

Tujuan lain dari analisis resiko kualitatif adalah meningkatkan pemahaman terhadap masing masing resiko. Dengan meningkatnya pemahaman terhadap resikoyang ada akan mempengaruhi strategi penanggulangan resiko tersebut.

Sumber: