Apa tujuan dibuatnya sebuah sistem informasi?

Setiap bidang apapun, pasti memiliki yang namanya tujuan yang berarti sasaran yang ingin dicapai. Maka dari itu, apa tujuan dari sistem informasi ? :writing_hand:t2:

1 Like


SISTEM INFORMASI . . .

Sistem informasi terbentuk dari susunan dua kata yakni sistem dan informasi.

  • Sistem dapat diartikan sebagai suatu kesatuan dari orang yang sistematis dan ter-struktur serta menjalankan fungsi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
  • Informasi dapat diartikan sejumlah data yang telah diolah dan memiliki kegunaan untuk suatu tujuan tertentu.

Secara umum, sistem informasi merupakan suatu sistem yang di dalamnya memuat tentang berbagai informasi yang terkait dengan operasional suatu organisasi yang berguna untuk mengambil keputusan dalam mencapai tujuan organisasi.

Informasi yang tercakup di dalamnya meliputi jaringan komunikasi, transaksi rutin, manajemen, dan informasi yang dibutuhkan pihak intern serta ekstern organisasi.


TUJUAN SISTEM INFORMASI . . .

  • Tujuan sistem informasi yang pertama adalah untuk menyediakan informasi-informasi tertentu dalam pengambilan keputusan. Keberadaan data dalam sistem informasi akan sangat membantu dalam menyikapi suatu permasalahan.

  • Tujuan lain sistem informasi adalah untuk mendukung proses operasional harian. Dengan pencatatan berbagai rutinitas dalam sistem informasi, maka semua aktivitas ini dapat diaudit lagi di masa yang akan datang ketika terjadi suatu kesalahan atau penyelewengan.

  • Tujuan sistem informasi dalam organisasi adalah untuk membantu organisasi menemukan berbagai informasi tentang organisasi secara cepat menggunakan teknologi mutakhir.


SUMBER :
http://artikel-az.com/sistem-informasi/

1 Like

Sistem Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis.

Ada yang membuat perbedaan yang jelas antara sistem informasi, dan komputer sistem TIK, dan proses bisnis. Sistem informasi yang berbeda dari teknologi informasi dalam sistem informasi biasanya terlihat seperti memiliki komponen TIK. Hal ini terutama berkaitan dengan tujuan pemanfaatan teknologi informasi. Sistem informasi juga berbeda dari proses bisnis. Sistem informasi membantu untuk mengontrol kinerja proses bisnis.

Alter berpendapat untuk sistem informasi sebagai tipe khusus dari sistem kerja. Sistem kerja adalah suatu sistem di mana manusia dan/atau mesin melakukan pekerjaan dengan menggunakan sumber daya untuk memproduksi produk tertentu dan/atau jasa bagi pelanggan. Sistem informasi adalah suatu sistem kerja yang kegiatannya ditujukan untuk pengolahan (menangkap, transmisi, menyimpan, mengambil, memanipulasi dan menampilkan) informasi.

Dengan demikian, sistem informasi antar-berhubungan dengan sistem data di satu sisi dan sistem aktivitas di sisi lain. Sistem informasi adalah suatu bentuk komunikasi sistem di mana data yang mewakili dan diproses sebagai bentuk dari memori sosial. Sistem informasi juga dapat dianggap sebagai bahasa semi formal yang mendukung manusia dalam pengambilan keputusan dan tindakan.

Sistem informasi merupakan fokus utama dari studi untuk disiplin sistem informasi dan organisasi informatika.

Sistem informasi adalah gabungan yang terorganisasi dari manusia, perangkat lunak, perangkat keras, jaringan komunikasi dan sumber data dalam mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam organisasi.

Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

Sistem informasi adalah kumpulandari sub-sub sistem baik phisik maupun non phisik yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama secara harmonis untuk mencapai satu tujuan yaitu mengolah data menjadi informasi yang berguna.

Tujuan Sistem Informasi


Tujuan dari sistem informasi adalah menghasilkan informasi. Sistem informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang berguna bagi para pemakainya. Data yang diolah saja tidak cukup dapat dikatakan sebagai suatu informasi. Untuk dapat berguna, maka informasi harus didukung oleh tiga pilar sebagai berikut: tepat kepada orangnya atau relevan (relevance), tepat waktu (timeliness), dan tepat nilainya atau akurat (accurate). Keluaran yang tidak didukung oleh tiga pilar ini tidak dapat dikatakan sebagai informasi yang berguna, tetapi merupakan sampah (garbage).

Sumber :

Sistem Informasi adalah sekumpulan komponen pembentuk sistem yang mencangkup input, output, dan proses yang mempunyai keterkaitan antara satu komponen dengan yang lainya, yang bertujuan menghasilkan suatu informasi dalam suatu bidang tertentu.

Manfaat dan Penerapan dari Sistem Informasi


Pengembangan sistem informasi memerlukan beberapa orang yang berketerampilan tinggi dan berpengalaman lama. Sistem Informasi yang baik adalah sistem yang mampu menyeimbangkan biaya dan manfaat yang akan diperoleh. Efisiensi dari sistem informasi sangat diperlukan, untuk mendukung perkembangan sistem informasi tersebut.

Di era komputerisasi kita seharusnya mengetahui apa manfaat dan etika dari sistem informasi. Setelah mengetahui apa itu definisi Sistem Informasi, kali ini penulis akan melanjutkan pembahasan tentang apa manfaat dan etika sistem informasi.

Manfaat Sistem Informasi bagi mahasiswa maupun suatu perusahaan yaitu kehadiran teknologi komputer dengan berbagai input, output, dan prosesnya. Dengan memanfaatkan teknologi komputer, didapat manfaat yang berupa kemudahan dalam penyimpanan, pengorganisasian dan pengambilan berbagai file.

Tujuan Sistem Informasi


untitled (1)

Tujuan dari sistem informasi adalah agar pengelolaan data dan informasi sebuah organisasi dapat menyeluruh, terintegrasi , terpadu dan menghasilkan informasi cepat dan akurat. Prinsip dari pengelolaan sistem informasi adalah didukung tim IT yang kuat, infrastruktur IT yang mendukung, kebijakan/prosedur, perencanaan dan manajemen, serta pengembangan secara berkelanjutan dan berkesinambungan.

Pengembangan sistem informasi dapat bermanfaat sebagai pendukukng proses operasi kegiatan dan aktivitas yang dilakukan UB. Selain itu juga dapat sebagai instrumen pendukung upaya pengambilan keputusan oleh pimpinan dan karyawan UB. Harapannya dapat dibuat suatu strategi untuk keunggulan dalam berkompetisi.

Sebagai contoh pada sistem informasi akademik. Sistem tersebut mengelola data akademik yang terdiri dari proses pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Jika didukung oles sistem informasi yang berkualitas maka akan menghasilkan hasil dan manfaat berupa kemudahan memperoleh informasi berkaitan dengan akademik dan kemudahan proses pengambilan keputusan dalam upaya perbaikan akademik.

Sumber