Apa tujuan dibentuknya Organisasi Kerjasama Islam (OKI)?

Organisasi Kerjasama Islam merupakan organisasi islam terbesar di dunia yang terdiri dari negara-negara islam dan negara-negara mayoritas islam. Apa sebenarnya tujuan di bentuknya Organisasi Kerjasama Islam?

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh MJ Patytama, Universitas Muhammadiyah Malang menyebutkan bahwa tujuan didirikannya OKI adalah untuk mengumpulkan sumber daya dunia Islam dalam mempromosikan kepentingan mereka dan mengonsolidasikan segala upaya negara tersebut untuk berbicara dalam satu bahasa yang sama untuk memajukan perdamaian dan kemanan dunia muslim.

Secara khusus, OKI bertujuan pula memperkukuh solidaritas islam diantara negara anggotanya, memperkuat kerjasama di bidang politik, ekonomi, sosial, budaya dan iptek. Pada Konferensi Tingkat Menteri (KTM) III OKI bulan Februari 1972, telah diadopsi piagam organisasi yang menyebutkan tujuan OKI secara lebih lengkap yaitu sebagai berikut:

  1. Memperkuat dan memperkukuh:
    a). Solidaritas di antara negara anggota.
    b). Kerjasama di bidang politik, ekonomi, sosial, budaya dan iptek.
    c). Perjuangan umat muslim untuk melindungi kehormatan kemerdekaan dan hak-haknya.

  2. Aksi bersama untuk: Melindungi tempat-tempat suci islam dan memberi semangat dan dukungan kepada rakyat Palestina dalam memperjuangkan haknya dan kebebasan mendiami daerahnya.

  3. Bekerja sama untuk: menentang diskriminasi rasial dan segala bentuk penjajahan dan menciptakan suasana yang menguntungkan dan saling pengertian di antara negara-negara anggota dan negara lain.