Apa Tujuan dan Fungsi Terapi Growth Mindset?

Tujuan dan Fungsi Terapi Growth Mindset

Apa Tujuan dan Fungsi Terapi Growth Mindset ?

Tujuan Terapi Growth Mindset


Karna semua berawal dari pikiran, maka perlu diberi kesedaran yang tidak kurang penting dalam membentuk mindset yang berkembang agar apabila golongan fixed mindset yang merasa dirinya sudah berhasil, mapan dan nyaman dalam hidupnya dan menganggap hidup sudah sempurna sehingga tidak menginginkan apa-apa lagi. Pemikiran seperti ini sangat berbahaya bagi kelangsungan kehidupan manusia. Pola pikir yang tetap ini akan menghambat kemajuan kualitas kehidupan mereka. Orang yang berpikiran fixed mindset ini akan melihat orang lain maju dan menjadi lebih baik tanpa ikut di dalamnya dan memilih untuk menonton di saat yang lain menikmatinya.

Berbeda pula dengan tipe yang terbuka iaitu growth mindset yang dimana golongan yang mengikuti arah perubahan. Memiliki pola pikir yang berkembang sesuai kebutuhan dan zaman. Menyadari bahwa keberhasilan itu harus terus diusahakan dan keberhasilan tidak datang satu kali dalam hidup. Malah menganggap keberhasilan tersebut datang berkali-kali karena mereka terus-menerus mengupayakannya. Tanggap pada perubahan adalah sesuatu yang akan sangat berpengaruh pada keberhasilan seseorang karna menyadari bahwa hidup ini nyata dan bukan mimpi yang ketika bangun akan mengecewakan serta menjadikan diri seseorang akan terus-menerus bertekad untuk memperbaiki kehidupannya dan mengamalkan nilai-nilai mulia dalam kehidupan, norma, etika, setia kawan, gotong-royong, dan hal-hal lain sebaiknya tidak berubah. Akan tetapi, beberapa hal memang harus berubah karena hidup di dunia yang terus berkembang dan berubah.

Adapun tujuan akhir dalam terapi Growth Mindset ini adalah;

  • Untuk menghasilkan perubahan, perbaikan, kesihatan dalam perkembangan mindset dalam pengendalian diri untuk lebih percaya diri untuk beradaptasi baik dengan lingkungan.
  • Agar mendapat suatu kesopanan tingkah laku yang dapat memberikan manfaat bagi dirinya sendiri, lingkungan keluarga, sosial dan sekitarnya.
  • Agar mendapat kecerdasan pada individu agar muncul rasa toleransi pada dirinya dan orang lain.
  • Agar menghasilkan potensi ilahiyah juga dari perkembangan pemikiran yang positif, sehingga mampu melakukan tugas sebagai khalifah di dunia dengan baik dan benar.

Fungsi Terapi Growth Mindset .


Dalam upaya pemberian terapi Growth Mindset ini,bantuan, ia juga memiliki beberapa fungsi yang nantinya dapat membantu tercapainya tujuan terapi ini. Diantara fungsi Terapi Growth Mindset adalah;

1. Fungsi Preventif (pencegahan)

Yaitu membantu individu agar dapat berupaya aktif untuk melakukan pencegahan sebelum mengalami masalah pada di jiwa iaitu cepat bersangka buruk, berfikiran negatif serta mudah berputus asa supaya ini meliputi: pengembangan strategi dan program yang dapat digunakan mengantisipasi resiko hidup yang tidak perlu terjadi. Yang dimaksudkan dengan pencegahan ini adalah menghindari dari perbuatan yang tidak baik atau hasad serta dendam dan menjauhkan diri dari larangan Allah SWT. Sesuai dengan firman-Nya surat al-Ankabut: 45, yang artinya:

“Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al-Quran) dan dirikanlah solat. Sesungguhnya salat itu mencegah dari perbuatan-perbuatan keji dan mungkar dan sesungguhnya menginggati Allah (salat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain), dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Dari ayat di atas bisa kita pahami bahwa sesuatu yang dilarang akan menjerumuskan pelakunya ke lembah kebinasaan, dan juga sesuatu yang dilarang adalah sesuatu yang dicegah Allah daripada melakukannya, sekiranya kita menghedaki keselamatan, ketenangan dan juga kasih sayang-Nya.

2. Fungsi Remedail atau Rehabilatif.

Secara historis Terapi lebih banyak memberikan penekanan pada fungsi remedial karena sangat dipengaruhi oleh psikologi klinik dan psikiatri. Peranan remedial berfokus pada masalah: penyesuaian diri, menyembuhkan masalah psikologis yang dihadapi, mengembalikan kesehatan mental dan mengatasi gangguan emosional.

3. Fungsi educatif / pengembangan

Fungsi ini berfokus kepada masalah: membantu meningkatkan keterampilan-keterampilan dalam kehidupan, mengidentifikasi dan memecahkan masalah-masalah hidup, membantu meningkat kemampuan menghadapi transisi dalam kehidupan, untuk keperluan jangka pendek, terapi membantu individu menjelaskan nilai-nilai, menjadi lebih tegas, mengendalikan kecemasan, meningkatkan keterampilan komunikasi antar pribadi, memutuskan arah hidup, menghadapi kesepian dan sebagainya .

4. Fungsi kuratif (Korektif)

Mambantu individu memecahkan masalah yang sedang dihadapi oleh klien sehingga masalah dapat diselesaikan dengan baik. Terapi Growth Mindset ini adalah membantu mengubah cara hidup klien kepada yang lebih berkualitas dan sukses dalam merencanakan hidup berkonsepkan Islam secara syumul dan dari perilaku agar selaras dengan tuntutan agama Islam serta maju selari dengan zaman.