Apa tujuan dan fungsi dari algoritma?

Algoritma dibagi menjadi dua hal yaitu prosedur dan fungsi dari Algoritma. Fungsi dari algoritma sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda dengan prosedur dari algoritma. Hanya saja yang menjadi perbedaan disini jika fungsi algoritma lebih memiliki output dengan tipe variable yang berbeda.

Algoritma menjadi satu bagian penting dalam komputer dimana algoritma sangat dibutuhkan untuk menjadi satu pengolah data yang ada pada komputer. lalu apa saja fungsi dan tujuan dari algoritma?

Algoritma memiliki tujuan dan fungsi yang berkaitan, berikut tujuan dan fungsi algoritma :

  1. Menggunakan fungsi algoritma bisa digunakan untuk memecahkan program yang rumit,

  2. Menggunakan fungsi algoritma bisa menjadikan program yang besar menjadi program yang lebih sederhana,

  3. Fungsi algoritma bisa digunakan secara berulang atau lebih dari satu kali penggunaan,

  4. Memudahkan dalam pembuatan program,

  5. Bisa mengatasi segala masalah dengan logika dan urut,

  6. Menggunakan fungsi algoritma bisa melakukan pendekatan top-down dan juga divide and conquer,

  7. Meminimalisir penulisan program yang berulang-ulang,

  8. Program yang ada menjadi lebih terstuktur dengan rapi sehingga dapat lebih mudah untuk dipahami ataupun dikembangkan,

  9. Ketika terjadi kesalahan bisa dicari dengan mudah karena dengan fungsi algoritma bisa mendapatkan alur yang jelas

  10. Ketika ingin melakukan modifikasi pada program bisa dilakukan hanya pada satu modul saja tanpa harus merubah dan menganggu modul yang lain,

  11. Dokumentasi yang lebih mudah,

Pengertian algoritma adalah suatu urutan dari beberapa langkah yang logis guna menyelesaikan masalah. Pada saat kita memiliki masalah, maka kita harus dapat untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan menggunakan langkah-langkah yang logis. Contoh dari algoritma sederhana dalam kehidupan nyata adalah pada saat memasak air. Hal-hal yang perlu dilakukan untuk memasak air seperti berikut : siapkan panci, masukkan air secukupnya ke dalam panci, tutup panci tersebut, letakkan panci tersebut di atas kompor, hidupkan kompor dengan api sedang, apabila air sudah mendidih, matikan kompor, setelah itu angkat panci tersebut dari kompor. Langkah-langkah untuk memasak air tersebut merupakan algoritma memasak air. Sehingga memiliki urutan langkah-langkah yang logis.

Dalam ilmu matematika dan komputer, pengertian algoritma merupakan prosedur dari beberapa langkah demi langkah untuk penghitungan. Algoritma dipakai untuk penghitungan, penalaran otomatis, dan pemrosesan data. Pengertian algoritma ialah suatu metode yang efektif diekspresikan sebagai rangkaian yang terbatas dari beberapa instruksi yang telah dijelaskan dengan baik guna menghitung sebuah fungsi. Susunan algoritma dimulai dari kondisi awal dan input awal, instruksi tersebut mendeskripsikan komputasi yang apabila itu dieksekusi serta diproses dengan melewati urutan-urutan kondisi terbatas yang terdefinisi dengan baik, sehingga dapat menghasilkan output atau keluaran dan berhenti di kondisi akhir yang telah ditentukan.

Algoritma sangat diperlukan untuk mengolah data yang ada di komputer. Dalam sistem komputer, pengertian algoritma ialah logika yang dibuat dengan memakai software oleh para pembuat perangkat lunak untuk membuat software tersebut menjadi lebih bagus. Algoritma berbeda dengan Logaritma. Perlu diketahui juga bahwa logaritma adalah sebuah operasi di ilmu matematika guna menghitung kebalikan eksponen dari sebuah perpangkatan.

Dengan algoritma, kita dapat mengatasi masalah dari yang sederhana sampai yang kompleks sekalipun. Namun, seorang user harus mampu membuat suatu program dengan menggunakan bahasa yang difahami oleh komputer. Sebelum disajikan dalam bentuk bahasa pemrogaman, sebaiknya kita membuat diagram alir (Flow Chart) dan Pseudocode. Hal ini dimaksudkan agar dapat mempermudah kerja atau mempermudah dalam membuat program. Selain itu, algoritma dapat mengatasi masalah logika dan masalah matematika dengan cara berurutan, tetapi kadang-kadang algoritma tidak selalu berurutan, hal ini dikenal dengan proses percabangan.