Apa tugas manajer pemasaran di dalam perusahaan?

Menjadi seorang manajer pemasaran dalam perusahaan memiliki tanggung jawab yang cukup besar dalam meningkatkan keuntungan bagi perusahaan. Seorang manajer pemasaran harus mampu melihat berbagai kesempatan di masa depan, merumuskan dan menjalankan berbagai program pemasaran sehingga mampu memenuhi target-target yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Apa saja tugas seorang manajer pemasaran perusahaan?

Seorang manajer pemasaran tidak hanya melihat kepada masa sekarang tetapi juga masa depan. Begitu pula dengan rencana pemasaran yang akan dibuatnya. Seorang manajer pemasaran harus dapat melihat kesempatan atau peluang pemasaran yang ada, merumuskannya menjadi sebuah program pemasaran dan menjalankannya. Tugas manajer pemasaran adalah sebagai berikut:

Tugas Perencanaan

  1. Melakukan perencanaan strategi pemasaran dengan memperhatikan trend pasar dan sumberdaya perusahaan.
  2. Merencanakan marketing research yaitu dengan mengikut perkembangan pasar, terutama terhadap produk yang sejenis dari perusahaan pesaing.
  3. Melakukan perencanaan analisis peluang pasar.
  4. Melakukan perencanaan tindakan antisipatif dalam menghadapi penurunan order.
  5. Menyusun perencanaan arah kebijakan pemasaran.
  6. Melakukan identifikasi dan meramalkan peluang pasar.
  7. Merencanakan pengembangan jaringan pemasaran.

Tugas Pelaksanaan

  1. Memimpin seluruh jajaran Departemen Marketing sehingga tercipta tingkat efisiensi, efektivitas, dan produktivitas setinggi mungkin.
  2. Menciptakan, menumbuhkan, dan memelihara kerja sama yang baik dengan konsumen.
  3. Merumuskan target penjualan.
  4. Merumuskan standard harga jual dengan koordinasi bersama Direktur Operasional serta Departemen terkait.
  5. Menanggapi permasalahan terkait keluhan pelanggan jika tidak mampu ditangani oleh bawahan.
  6. Mengesahkan Prosedur dan Instruksi Kerja di Departemen Marketing.
  7. Melakukan pengendalian terhadap rencana-rencana yang sudah disusun untuk menjamin bahwa sasaran yang ditetapkan dapat terwujud, misalnya: volume penjualan dan tingkat keuntungan.
  8. Melakukan langkah antisipatif dalam menghadapi penurunan order.
  9. Memberikan persetujuan kredit pelanggan dalam batas-batas yang wajar.
  10. Melakukan demarketing jika terjadi oveload produksi.
  11. Melakukan analisa pelanggan yang mengalami kecenderungan kredit macet.
  12. Melakukan analisa perilaku pasar atau konsumen sebagai dasar dalam menentukan kebijakan pemasaran.
  13. Melakukan analisa Peraturan Pemerintah berkenaan dengan tata niaga kertas sebagai dasar dalam menentukan kebijakan pemasaran.
  14. Melakukan penilaian karya kepada Kepala Bagian Marketing.
  15. Memantau potensi bawahan untuk dilakukan pembinaan sehingga menjadi lebih baik.
  16. Melakukan tugas-tugas lain yang ditetapkan oleh atasan sehubungan dengan fungsi di Departemen Marketing.

Tugas Pengawasan

  1. Melakukan pengawasan efisiensi dan efektivitas strategi pemasaran yang telah ditetapkan.
  2. Melakukan pengawasan dan efisiensi kegiatan kerja di Departemen Marketing.

Sumber:
http://www.ekonomiplanner.com/2014/06/tugas-manajer-pemasaran-perusahaan.html

Pekerjaan manajer pemasaran memiliki beberapa dimensi. Dia mampu menciptakan dan memelihara kenyataan untuk memustkan organisasi pasar. Manajer harus mengurus kepemimpinan secara langsung pada tim pemasarannya; bertanggung jawab untuk berkreasi, memperhatikan dan menganalisa pelanggang, pasar, pesaing dan hubungan relasi mereka, memeiliki keterampilan menganalisa, menempatkan perkembangan dan kemampuan untuk memahami secara sistem :

  • Pelanggan dan lingkungannya,
  • Struktur pasar, ukuran dan trend,
  • Kebutuhan penelitian pemasaran dan struktur penelitian,
  • Pesaing, kekuatan dan kelemahan seperti lingkungan,
  • Struktur industri dan kekuatan pasar berdampak persaingan lingkungan,
  • Sumber-sumber perusahaan dan kompetensi, kekuatan dan kelemahan.

Manajer pemasaran bekerja dengan pimpinan eksekutif dan top manajer lain pada tingkatan hukum dan menerapkan konsep dan mengembangkan secara menyeluruh tujuan, misi dan strategi perusahaan

Manajemen pemasaran yang diarahkan pada penempatan persaingan produk atau layanan dengan pilihan pasar dan melibatkan pilihan produk, harga, komunikasi dan penjualan, distribusi, sebaik mengembangkan sistem penampilan menejemen dan langkah-langkah memonitor dan pelaksanaan penyesuaiannya antara lain :

  • Keputusan tentang posisi persaingan produk perusahaan dan pelayanan yang tepat - siapa untuk melayani dalam pilihan pasar dan apa hasilnya – atau berkas-berkas keuntungan - mungkin usulan pelaggan.

  • Keputusan tentang produk atau pilihan pelayanan – tepatnya apa sumbangan dengan tkita-tkita dan karakter yang akan membawa perusahaan ke pasaran.

  • Keputusan tentang kebijakan harga – tepatnya harga yang akan dibayar dari sumbanagn perusahaan pada level lain dalam sistem bisnis sampai konsumsi akhir.

  • Keputusan tentang kebijakan komunikasi – tepatnya informasi apa yang akan disediakan pasar bagi perusahaan dan sumbangan bagi pelanggang potensial, perubahan dan anggota sistem bisnis yang pantas diberitahukan dan pendekatan melaksanakan bisnis dengan perusahaan.

  • Keputusan tentang kebijakan distribusi – tepatnya bagaimana produk perusahaan atau pelayanan sampai ke pemakai akhir, menyediakan pilihan dan komitmen memer lain dari sistem bisnis, siapa yang menanggulangi produk atau rencana layanan dan implementasi sistem logistik secara fisik (truk, dll), elektronika dan lainnya, menggerakan sumbangan perusahaan dimana mereka inginkan.
    Pelaksanaan strategi melibatkan tindakan keputusan dalam bentuk pengembangan program, rencana tindakan, budget tahunan dan desain penampilan sistem manajemen dan kriteria. Ini memungkinkan pelaksanan keputusan dan konsekuensi mereka menjadi dimonitor, koreksi tindakan yang menempatkan dimana keperluan dan memastikan belajar secara efektif pada tempatnya.

Pekerjaan manajer pemasaran dalam kontek proses pengembangan produk baru. Catatan perusahaan yang bagus dan pelayanan adalah perkembangan secara menetap. Manajer pemasaran harus memiliki pemahaman penuh mengenai hubungan timbal balik pemasaran dan desain, apresisasi tugas desain kelas satu dalam strategi superior.

SUMBER : Reyz, Atha. 2010. MANAJER PEMASARAN.

Seorang manajer pemasaran melakukan banyak tugas yang ditujukan untuk mengembangkan dan menerapkan strategi pemasaran jangka panjang dan jangka pendek dari atasannya. Lingkup tugas yang luas ini mengharuskannya untuk berinteraksi secara intensif dengan berbagai departemen perusahaannya, termasuk penelitian dan pengembangan, manufaktur, rantai pasokan, penjualan dan, di beberapa industri, hukum. Bergantung pada ukuran organisasinya, manajer pemasaran juga dapat mengawasi tim pemasaran profesional junior.

Pengembangan Merek/Branding
Mungkin tugas terpenting yang dilakukan oleh manajer pemasaran adalah pengembangan merek majikannya. Terdiri dari visual, seperti logo, dan terkadang suara, seperti musik yang digunakan dalam iklan televisi atau radio, sebuah merek adalah citra yang terlintas dalam pikiran saat pelanggan memikirkan perusahaan. Meskipun masing-masing produk dan layanan perusahaan dapat dicap, biasanya ada merek korporat yang mencakup seluruh organisasi. Bermitra dengan manajemen senior, manajemen pemasaran menciptakan merek yang sesuai dengan pernyataan misi organisasi. Dia kemudian mengarahkan hubungan media internal dan eksternal dan profesional periklanan dalam penerapan merek tersebut, menghasilkan siaran pers, iklan dan materi promosi lainnya.

Intelijen Kompetitif
Sebagai upaya untuk membantu atasannya agar tetap kompetitif di pasar, seorang manajer pemasaran melakukan banyak penelitian yang bertujuan untuk memastikan pijakan perusahaan di industri ini. Dia mungkin melakukan riset pelanggan dengan menerapkan survei dan menghosting kelompok fokus. Dia juga bisa menganalisa aktivitas periklanan dan kinerja penjualan pesaing. Selain itu, dia mungkin menilai keadaan ekonomi karena berkaitan dengan industri perusahaan. Setelah penelitian ini disusun, seorang manajer pemasaran membuat berbagai laporan berdasarkan temuannya. Dokumen-dokumen ini kemudian dipresentasikan ke manajemen senior. Laporan berdasarkan penelitian manajer pemasaran dianggap oleh manajemen saat membuat keputusan penting bisnis, seperti pengembangan lini produk baru atau penghentian kampanye iklan yang berkinerja buruk.

Hubungan Masyarakat
Di banyak lingkungan, seorang manajer pemasaran mewakili majikannya di media. Dia memberikan wawancara dalam upaya untuk mempromosikan produk, layanan atau inisiatif baru. Dia mewakili perusahaan pada acara amal dan kejadian lainnya yang terjadi di seluruh masyarakat. Di saat krisis, ia juga bisa melakukan pengendalian kerusakan, merayu pers untuk tujuan mengubah opini negatif perusahaannya. Sementara beberapa manajer pemasaran melakukan tugas ini secara otonom, yang lain bekerja dalam kemitraan dengan profesional hubungan masyarakat internal atau eksternal.

Tugas Manajer Pemasaran adalah sebagai berikut :

1.Manajer pemasaran bertanggung-jawab terhadap manajemen bagian pemasaran
2.Manajer pemasaran bertanggung-jawab terhadap perolehan hasil penjualan dan penggunaan dana promosi
3.Manajer pemasaran sebagai koordinator manajer produk dan manajer penjualan
4.Manajer pemasaran membina bagian pemasaran dan membimbing seluruh karyawan dibagian pemasaran
5.Manajer pemasaran membuat laporan pemasaran kepada direksi

http://www.jurnalrakyat.net/2016/03/wewenang-tanggung-jawab-dan-tugas.html