Apa tips ketika liburan ke tempat wisata dengan monyet yang jadi tuan rumah?

tips liburan yang banyak monyet
Melihat dan berinteraksi langsung dengan binatang liar di sebuah tempat adalah pengalaman yang menyenangkan. Bukan memandang dari balik kandang, tapi langsung di alam aslinya. Ada banyak tempat wisata dengan monyet liar sebagai tuan rumah. Saat liburan di Bali misalnya, kamu bisa datang ke Monkey Forest Ubud. Kira-kira apa tips ketika liburan ke tempat wisata dengan monyet yang jadi tuan rumah?

Yang pastinya jangan buang sampah sembarangan, wajib menjaga lingkungan. Ini adalah hal penting tapi sering disepelekan oleh wisatawan. Manusia membuat habitat para binatang liar sebagai tempat wisata. Hal itu tentu berpengaruh pada kehidupan fauna-fauna tersebut, termasuk para monyet. Jadi, sudah menjadi kewajiban, baik pengelola dan pengunjung untuk menjaga lingkungan. Jangan membuang sampah sembarangan karena ada tuan rumah yang mesti kita lindungi.

Lalu, jangan sembarangan memberi makanan. Monyet-monyet yang ada di sekelilingmu sewaktu liburan itu punya kehidupan yang sama berharganya dengan nyawa manusia. Itulah mengapa jangan sembarangan memberikan makanan jika tidak tahu itu akan berbahaya atau tidak. Yang paling aman adalah memberikan buah atau kacang-kacangan. Berhati-hatilah saat memberikan makanan. Lebih baik menaruhnya di satu tempat dan biarkan para monyet mengambilnya sendiri. Karena jika memberikannya langsung, dikhawatirkan akan menarik lebih banyak monyet dan mereka akan merebut makanan dengan paksa.