Apa syarat dalam merancang backup database?

Data dan database merupakan komponen terpenting dalam suatu sistem informasi manajemen, disamping tentu saja aplikasi untuk sistem informasi harus tersedia, keduanya saling tergantung. Suatu aplikasi sistem informasi manajemen tidak ada gunanya jika tidak mempunyai data yang lengkap, demikian juga sebaliknya jika punya data tetapi tidak mempunyai aplikasi yang digunakan untuk mengelolanya sehingga tidak dapat dihasilkan suatu laporan, statistik atau pun informasi.Apa syarat dalam merancang database ?

image

Backup database adalah proses mengembalikan keadaan operasional, arsitektur dan data yang telah tersimpan pada perangkat lunak database. Hal ini memungkinkan penciptaan duplikat data dalam kasus kerusakan database utama yang rusak ataupun hilang.

Terdapat syarat-syarat yang dibutuhkan untuk Backup Database :

1. Tentukan apa yang perlu dicadangkan

Menentukan apa yang perlu dicadangkan adalah langkah awal sebelum kita kehilangan data dengan menentukan data-data mana yang penting dan kurang penting akan mempermudah kita untuk melakukan backup.

2. Tentukan jenis cadangan yang sesuai

Menentukan jenis cadangan dengan memilah data yang telah kita pilih supaya data yang akan dibackup dapat kita tentukan jenis nya lebih mudah ketika ingin melakukan backup.

3. Menetapkan jadwal pencadangan

Menetapkan jadwal itu penting supaya kita bisa rutin dalam melakukan backup, dengan menetapkan jadwal setiap minggu / bulan adalah langkah paling aman ketika kita kehilangan data.

4. Tentukan tempat untuk menyimpan backup

Lokasi penyimpanan sangat dibutuhkan untuk menyimpan data cadangan, sebagai lokasi penyimpanan data cadangan diperlukan penyimpanan yang berbeda supaya kita bisa membedakan dimana data asli dan dimana data backup.

SUMBER :