Apa strategi yang harus dilakukan dalam memahami kebutuhan pelanggan di era digital yang semakin berkembang dan kompetitif?

Dalam era digital yang semakin berkembang dan memunculkan banyak pesaing yang kompetitif, kita membutuhkan strategi yang baik untuk memahami kebutuhan pelanggan dalam mengembangkan produk

Era digital telah berkembang perlahan menggantikan ritel tradisional. Perusahaan digital raksasa seperti Alibaba, Amazon, Apple menguasai pangsa pasar digital. Pelanggan juga semakin mengerti tentang penetapan harga produk di pasar.

Saat kita ingin mengembangkan produk, kita perlu mempersiapkan rencana jangka pendek dan jangka panjang. Yang menjadi suatu keharusan adalah pehamaman pendalam tentang pelanggan. Berikut adalah cara-cara untuk memahami pelanggan di dalam era digital saat ini:

  1. Penargetan yang efektif

Pahamilah pelanggan anda dari sisi demografi dan gaya hidupnya. Apa yang menjadi alas an pelanggan untuk menggunakan produk anda dan bagaimana anda memuaskan kebutuhannya serta melakukan teknik promosi yang baik. Anda harus melampaui batas imajinasi anda dalam menanyakan pelanggan apa yang mereka ingin dalam produk dan layanan anda

  1. Melihat ke depan

Dalam perspektif produk , anda harus bisa mengidentifikasi trend yang akan membuat anda tetap relevan. Fokus pada yang diinginkan untuk dari depan. Dengan memahami cepatnya perubahan teknologi, anda bisa menjadi cepat dan tanggap dalam memahami trend dan tetap terdepan dalam produk. Jangan hanya mengeluarkan sebuah produk dan melihat perkembangannya. Anda harus berdiskusi dengan pelanggan anda, kemudian baru mengeluarkan produk anda kepada pasar

  1. Kesederhanaan dan kejujuran adalah yang utama

Buat proses pembelian produk anda menjadi lebih mudah. Ketika cara perbelanjaan sudah mulai beralih ke online, pastikan pelanggan anda tau cara melakukannya. Tunjukan brand loyaty anda selama pelanggan membutuhkan.

  1. Desain custome-centric

Anda harus mampu membuat pelanggan untuk mengidentifikasi brand ada dengan cepat, menemukan produk yang mereka inginkan , dan mendapatkan produknya dengan cepat, melalui proses marketing dan penjualan yang tepat. Pahami pelanggan anda dengan tepat, apa yang mereka inginkan melalui cara pemasaran dan penjualan yang tepat.

  1. Selalu menyediakan layanan dan dukungan bagi pelanggan

Hal utama yang menjadi kewajiban anda adalah anda harus bisa “merawat” pelanggan dengan baik. Saat ini, pelanggan jua membutuhkan pelayanan dan perlakuan yang baik. Peralihan ke situs daring membuat pelanggan butuh interaksi yang baik, customer service yang baik dan dukungan teknis bahkan saat transaksi telah selesai. Intinya adalah anda tidak hanya fokus pada penjualan produk anda,namun anda harus tetap bisa menjaga hubungan dan perasaan pelanggan untuk meningkatkan value produk anda bagi pelanggan.

Referensi: