Apa Skincare Routine Untuk Mencerahkan Wajah?

Skincare Routine Untuk Mencerahkan Wajah

Apa Skincare Routine Untuk Mencerahkan Wajah?

Memiliki wajah yang tidak kusam alias cerah menjadi impian sebagian wanita. Untuk memiliki wajah cerah pastinya dibutuhkan tahapan skincare routine khusus. Skincare routine untuk mencerahkan wajah membutuhkan produk yang dapat mengeksfoliasi atau membantu proses pengelupasan kulit wajah. Sel-sel kulit mati yang terkelupas akan menghasilkan kulit baru sehingga membuat wajah terlihat lebih cerah. Seperti dikutip dari Byrdie, berikut ini lima tahapan skincare routine untuk mencerahkan wajah.

1. Eksfoliasi Kulit

Untuk membuat kulit wajah yang kusam terlihat lebih cerah, maka hal utama yang bisa dilakukan dalam skincare routine adalah dengan melakukan tahap eksfoliasi kulit. Tahapan skincare routine ini bisa dilakukan dengan menggunakan produk-produk yang mengandung AHA. Kandungan AHA yang dimasukkan ke dalam skincare routine akan membantu proses pengelupasan kulit, sehingga akan membuat kulit terlihat lebih cerah dan noda-noda tersamarkan. Tahapan skincare routine ini bisa dilakukan dengan eksfoliasi menggunakan bahan kimia, seperti chemical peeling ataupun menggunakan produk-produk yang memang ditujukan untuk eksfoliasi kulit wajah.

Saat kulit mati terangkat, maka kulit wajah akan terlihat lebih cerah alami. Menggunakan produk skincare routine yang mengandung AHAs atau BHAs bisa dimulai dari produk pencuci wajah. Ted Lain, dokter kulit yang berbasis di Austin menyarankan menggunakan produk SkinCeuticals Purifying Cleanser with Glycolic Acid untuk kulit yang sensitif. Produk ini mengandung 3% konsetrasi glycolic acid yang aman digunakan bagi semua jenis kulit dan glycerin untuk menjaga kelembaban kulit. Sedangkan untuk kulit berminyak, Ted merekomendasikan Mario Badescu Glycolic Foaming Cleanser.

5 Skincare Routine Untuk Mencerahkan Wajah\ 375x500

2. Antioksidan

Produk skincare routine yang mengandung antioksidan seperti vitamin C dan ferulic acid dikenal dapat membuat mencerahkan kulit wajah secara alami. Produk-produk skincare routine dengan kandungan ini lebih disarankan untuk digunakan pada pagi hari sebagai serum. Produk skincare routine dengan kandungan antioksidan tidak hanya dapat mencerahkan, melainkan juga melindungi kulit dari bahaya radikal bebas.

Dokter Ted menyarankan untuk menggunakan produk SkinCeuticals C E Ferulic Serum sebagai skincare routine. Produk tersebut bisa juga dikombinasikan dengan krim pencerah yang memiliki tekstur lembut sehingga dapat berfungsi dengan baik di bawah riasan wajah.

5 Skincare Routine Untuk Mencerahkan Wajah\ 375x499

3. Tabir Surya

Tabir surya adalah produk yang paling penting dan tidak bisa dihilangkan dari skincare routine di pagi hari. Tabir surya akan melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Selain itu tabir surya juga memiliki peran penting untuk membuat kulit terlihat lebih muda dan cerah serta tidak kusam.

Naissan O. Wesley, ahli dermatologi bedah dan penasihat ilmiah di Arbonne, merekomendasikan Nivea Japan Water Gel Sunscreen. Selain karena memiliki tekstur ringan, produk skincare tersebut juga memiliki kandungan SPF yang tinggi, yaitu SPF 50.

5 Skincare Routine Untuk Mencerahkan Wajah\ 375x500

4. Retinol

Menurut Ted, menggunakan produk skincare dengan kandungan retinol akan membuat rangkaian skincare routine untuk mencerahkan wajah menjadi lebih efektif. Produk dengan kandungan bahan retinol akan meningkatkan fungsi dari rangkaian produk skincare routine yang dipakai. Jangan lupa untuk selalu menggunakan pelembab setelahnya.

Produk skincare routine mengandung retinol yang menjadi favorit Ted adalah Skin Medica 0.5. Menurutnya produk ini tidak menimbulkan iritasi. Ada juga skincare Clark’s Botanicals Retinol Rescue yang dijual seharga US$ 98 atau sekitar Rp 1,4 juta. Produk ini mengandung colloidal oatmeal yang dapat mengurangi peradangan pada kulit. Selain itu bisa juga menggunakan produk CeraVe Skin Renewing Night Cream.

5 Skincare Routine Untuk Mencerahkan Wajah\ 375x499

5. Chemical Peeling

Rangkaian skincare routine yang terakhir ini cukup efektif untuk mencerahkan kulit kusam. Chemical peeling akan membantu proses pengelupasan kulit menjadi lebih cepat. Kulit mati yang mengelupas setelah chemical peeling akan memunculkan kulit baru sehingga wajah pun tampak cerah alami. Selain itu produk skincare routine ini juga dapat mengurangi noda-noda pada wajah.

Jika ingin melakukan chemical peeling sendiri di rumah maka bisa dengan menggunakan produk BeautyRx dari Dr. Schultz. Produk ini dijual dengan harga US$ 98 atau sekitar Rp 1,4 juta. Sebagai pilihan lain, bisa juga dengan menggunakan produk skincare routine Glowbiotics Probiotic Instant Resurfacing Pads. Produk skincare routine ini mengandung 5% lactic acid dan ekstrak Kakadu plum yang dapat mencerahkan kulit.

5 Skincare Routine Untuk Mencerahkan Wajah\ 602x340

1. Cleansing Oil

Dan yang paling pertama dilakukan adalah membersihkan wajah menggunakan pembersih berbahan dasar minyak. Pembersih ini dipilih karena sangat mudah meluruhkan kotoran, polusi, sunscreen dan make up yang biasanya berbahan dasar minyak. Cukup dengan membasahi ke kapas dan seka ke wajah atau bisa juga langsung kamu aplikasikan ke muka kemudian bilas dengan air bersih.

2. Facial Wash

Tahap kedua dari ritual double cleansing adalah membersihkan wajah dengan pembersih berbahan dasar air. Tahap ini akan menyempurnakan kebersihan kulitmu dengan mengangkat residu cleansing oil , keringat serta kotoran lain yang tidak bisa diangkat pada tahap sebelumnya. Basahi muka, aplikasikan pembersih, pijat lembut wajah dan bersihkan dengan air. Akan lebih baik jika kamu menggunakan air hangat karena bisa membuka pori-pori sehingga membersihkan lebih dalam. Selain itu, air hangat juga bisa melembutkan kulit.

3. Exfoliator

Agar kotoran tuntas terangkat, usahakan untuk menggunakan exfoliator sehabis mencuci muka. Namun karena efeknya yang sangat mengangkat, kamu cukup menggunakannya dua kali seminggu. Apabila sering menggunakan make up yang berat, exfoliating 3 sampai 4 kali seminggu disarankan untuk membersihkan sel kulit mati, komedo dan kotoran secara maksimal. Bisa menggunakan exfoliating toner yang mengandung AHA dan BHA, cleansing pad atau masker scrub. Sesuaikan juga dengan jenis kulitmu, jangan sampai memberikan efek samping yang berbahaya.

4. Hydrating Toner

Tahap berikutnya adalah mengaplikasikan toner. Tahap ini berguna untuk mengembalikan pH kulit, jadi wajah akan terasa lebih segar dan tidak kering. Toner juga berfungsi untuk mempersiapkan kulit agar lebih efektif menyerap manfaat lain dari tahap berikutnya.

5. Essense

Essence merupakan ritual Korea yang unik dan khas. Hampir sama dengan serum namun essence biasanya berbahan dasar air. Berfungsi untuk memberikan asupan vitamin ke kulit, melembapkan dan meremajakan kulit.

6. Booster/ Serum/ Ampule

Sebagai penyempurna skincare routine, jika kamu mempunyai masalah kulit tidak rata, pigmentasi, bintik hitam, kamu bisa memilih menggunakan serum, ampule, atau booster. Ketiganya mampu memerangi dan mengatasi masalah kulit langsung ke target area. Ambil sedikit di ujung jari, aplikasikan di daerah yang bermasalah lalu pijat dengan lembut. Serum, ampule atau booster sangat mudah menyerap ke dalam kulit.

7. Sheet mask

Sheet mask juga tahapan favorit wanita Korea. Lembaran masker yang dibubuhkan serum dengan berbagai manfaat yang bisa langsung didapatkan kulit. Sheet mask juga bisa mengunci semua nutrisi yang sudah diaplikasikan ke wajah. Pakaikan di area wajah, tepuk perlahan agar khasiatnya lebih meresap dan tunggu sekitar 10-15 menit. Kamu bisa menggunakan sheet mask setiap hari untuk hasil yang lebih maksimal. Karena ketenarannya, kini kamu bisa mendapatkan produk sheet mask dengan sangat mudah.

8. Eye Cream

Setelah lelah seharian atau begadang karena pekerjaan, lingkaran hitam di sekitar mata pasti sudah mulai muncul. Samarkan mata panda dengan memasukkan eye cream ke dalam tahapan skincare routine kamu setiap harinya. Eye cream akan melembapkan area sekitar mata sehingga kamu akan tampak lebih segar.

9. Moisturizer

Untuk membuat kulit tampak glowing seperti wanita Korea, jangan lupa untuk menggunakan moisturizer sebagai penyempurna. Karena melembapkan adalah kunci utama memiliki wajah yang bersinar.

10. Sunscreen

Step terakhir untuk kamu yang beraktivitas di luar ruangan, wajib untuk menggunakan sunscreen setelah mengaplikasikan moisturizer. Sunscreen sangat bermanfaat untuk menghalau sinar UVA dan UVB yang sangat berbahaya bagi kulit. Tahap ini menjadi yang paling terakhir agar krim yang telah dibubuhkan optimal melindungi di permukaan kulit dan tidak diluruhkan oleh produk skincare lainnya.

Memilih skincare untuk mencerahkan terkadang memang membingungkan, karena terlau banyak produk yang sudah beredar di pasaran. Dari skincare lokal maupun yang berasal dari luar negeri. Keberadaan skincare luar di pasaran Indonesia ini tentunya dapat menjadi alternatif pilihan untuk dimasukkan ke dalam skincare rutin. Bahkan sebagian orang lebih mempercayakan wajahnya pada skincare luar dibandingkan dengan skincare lokal.

Beberapa alasan orang lebih percaya dengan skincare luar ini bermacam-macam, bisa karena kualitas bahan yang lebih bagus, merupakan pencerah wajah yang aman tanpa menimbulkan breakout, bahkan ada yang memang tidak bisa percaya dengan skincare lokal. Padahal sekarang ini sudah banyak sekali skincare lokal untuk mencerahkan wajah yang tidak kalah kualitasnya dengan skincare luar. Nah, berikut daftar skincare lokal untuk mencerahkan wajah sebagai tips awet muda dan cantik dan tips agar wajah putih!

1. Viva Milk Cleanser dan Face Tonic

Salah satu produk viva untuk wajah agar putih dan bersih yang tidak ada matinya dari dulu hingga sekarang adalah Milk Cleanser dan Face Tonic Viva. Kedua produk Viva ini merupakan langkah perawatan paling dasar dalam rangkaian skincare. Selain harganya yang sangat aman di kantong alias murah meriah, Viva Milk Cleanser dan Face Tonic juga memiliki banyak sekali varian. Banyaknya varian ini memudahkan untuk memilih varian dan khasiat yang cocok untuk jenis dan kondisi kulit.

Pertama-tama adalah menggunakan Milk Cleanser terlebih dahulu, fungsinya adalah untuk membersihkan kotoran, debu atau sisa makeup di wajah. Setelah Milk Cleanser dibersihkan dengan kapas, lanjutkan dengan pemakaian Face Tonic untuk membersihkan sisa Milk Cleanser yang masih menempel. Selain itu, Face Tonic juga akan membuat wajah terasa lebih segar dan membantu menetralkan pH kulit. Gunakan kedua produk Viva ini secara setiap hari dan rasakan perbedaannya.

2. Elsheskin Glowing Facial Peeling

Elsheskin merupakan salah satu skincare lokal untuk mencerahkan wajah yang cukup booming. Elsheskin mengeluarkan rangkaian skincare yang ampuh untuk meningkatkan tingkat kecerahan kulit, dan sudah banyak yang membuktikannya.

Glowing Facial Peeling merupakan satu produk Elsheskin yang dapat membuat kulit cerah lebih maksimal. Peeling ini memiliki fungsi untuk mengangkat sel kulit mati, kotoran dan minyak yang menempel di kulit atau yang menyumbat pori-pori kulit secara maksimal.

Kandungan Multi Fruit AHA di dalam peeling ini juga dapat merangsang peremajaan kulit, sehingga tanda penuaan dapat diatasi dan kulit nampak lebih awet muda. Gunakan peeling ini 1-2 kali dalam seminggu, kulit wajah akan tampak lebih cerah, halus dan glowing setelah beberapa kali pemakaian.

3. Purbasari Lulur Wajah

Lulur badan Purbasari merupakan lulur yang melegenda dan menjadi favorit banyak orang sampai sekarang. Selain lulur badan, Purbasari juga memiliki lulur wajah yang juga khasiatnya tidak kalah ampuh. Lulur wajah Purbasari datang dalam 3 varian yaitu Cucumber untu kulit normal, Aloe Vera untuk kulit kering dan Green Tea untuk kulit berminyak. Jadi untuk penggunaannya, dapat dipilih varian lulur Purbasari ini sesuai dengan tipe kulit.

Lulur purbasari ini dapat digunakan sebagai cara mencerahkan wajah kusam dengan kemampuan eksfoliasinya. Lulur Purbasari ini memiliki butiran scrub yang lembut, sehingga tidan akan menimbulkan perih saat digunakan dan tidak menyebabkan kemerahan setelah pemakaian. Gunakan sebagai perawatan rutin seminggu sekali untuk mengatasi komedo dan wajah kusam, serta untuk mencerahkan kulit wajah yang gelap dan belang karena sinar matahari.

4. Emina Face Mask

Salah satu skincare lokal untuk mencerahkan wajah yang wajib dicoba adalah masker wajah dari Emina. Terdapat 2 varian masker ini yaitu Green Tea Latte Face Mask dan Grape Seed Olive Face Mask. Sama-sama memiliki efek mencerahkan, masker Green Tea Latte mengandung susu dan ekstrak the hijau yang juga dapat membantu kulit wajah menjadi lebih lembut, kenyal dan terasa lebih segar.

Sedangkan masker Grape Seed Olive merupakan perpaduan antara ekstrak biji anggur dan minyak zaitu, yang tidak hanya mencerahkan namun juga melembabkan dan mencegah radikal bebas yang bisa merusak kulit wajah. Tips mencerahkan muka yang kusam dengan masker Emina agar lebih maksimal adalah dengan memakainya secara rutin 2 kali dalam seminggu, setelah pemakaian scrub atau lulur wajah. Wajah akan lebih terasa segar dan lebih cerah setelah pemakaian masker Emina ini.

5. Avoskin Emulsion Night Cream

Salah satu produk skincare yang booming dan banyak diburu adalah Avoskin Emulsion Night Cream. Pada saat tidur kulit wajah akan mengalami proses regenerasi dan lebih maksimal dalam penyerapan nutrisi. Memakai krim malam adalah salah satu upaya untuk menambahkan nutrisi pada kulit saat proses tersebut berlangsung. Krim malam dari Avoskin ini sangatlah direkomendasikan, karena kaya akan kandungan yang sangat bermanfaat untuk kulit wajah.

Avoskin Emulsion Night Cream memiliki kandungan utama minyak esensial Helichrysum yang sangat bermanfaat untuk membantu meremajakan kulit dan mencerahkan kulit wajah. Selain itu, krim malam ini juga mengandung enzim tokoferol yang berperan untuk merangsang produksi kolagen di dalam kulit, sehingga kulit akan tampak lebih kenyal dan awet muda. Kandungan lainnya adalah Ethylexyl olivate yang dapat mengatasi kerutan dan kulit yang kering, sehingga kulit akan tampak lebih lembab, halus dan elastis.

6. Pavettia Brightening Lotion

Pavettia Brightening Lotion merupakan produk moisturizer atau pelembab yang tepat untuk menangani flek hitam dan kulit wajah kusam. Lotion wajah Pavettia merupakan cara mencerahkan wajah secara alami karena terbuat dari bahan natural dari alam. Lotion ini adalah skincare lokal untuk mencerahkan wajah karena memiliki kandungan AHA (Alpha Hydroxy Acid) dan BHA (Beta Hydroxy Acid) yang tidak hanya melembabkan, namun juga ampuh dalam mengangkat penumpukan sel kulit mati di wajah.

Lotion ini sangat cocok untuk mengurangi noda hitam di wajah dan meratakan warna kulit yang belang atau menggelap karena paparan sinar matahari. Lotion Pavettia ini digunakan seperti menggunakan pelembab biasa, setiap hari secara teratur pada saat pagi hari sebelum beraktivitas dan malam hari sebelum tidur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Wardah White Secret Series

Wardah merupakan salah satu produk skincare yang paling laris di pasaran. Harganya yang terjangkau dan banyaknya varian produk menjadi salah satu penyebab Wardah menjadi sangat diminati. Untuk mencerahkan kulit, rangkaian Wardah White Secret dapat menjadi solusi yang tepat. Produk dalam rangkaian ini sudah sangat lengkap mulai dari produk untuk cleansing, serta skincare untuk siang sampai malam hari. Beberapa manfaat dari kandungan rangkaian Wardah White Secret ini antara lain adalah:

Kandungan utama crystal white active pada rangkaian ini dapat membuat kulit menjadi cerah dan glowing secara alami.

Mengandung vitamin B3 yang dapat menghambat pembentukan melanin penyebab kulit wajah menjadi gelap.

Mengandung zat anti iritasi, yang dapat mencegah terjadinya iritasi pada kulit saat pemakaian.

Mengandung antioksidan yang dapat menghambat radikal bebas yang dapat merusak terkstur kulit, serta kandungan lain yang dapat menyeimbangkan pH kulit.

Menggunakan Wardah White Secret sebagai skincare rutin akan membantu meningkatkan kecerahan kulit, terutama pemakaian essence dan cream pemutih wajah Wardah White Secret setiap pagi dan malam hari. Tekstur dari krim maupun produk White Secret lain telah diformulasikan sedemikian rupa, agar nutrisinya mudah diserap oleh kulit. Sehingga kandungan di dalamnya dapat bekerja mencerahkan kulit secara efektif, juga membuat kulit wajah lebih halus dan bercahaya setelah pemakaian.

8. Biokos Derma Bright Intensive Brightening Serum

Biokos merupakan salah satu produk dari Martha Tilaar yang mengeluarkan produk skincare untuk wajah. Derma Bright Intensive Brightening Serum tidak hanya menjadi serum pemutih wajah yang bagus, namun juga dapat mengatasi tanda penuaan dini seperti bintik hitam atau garis kerutan di wajah. Serum Biokos ini memiliki 5 kandungan utama yang bermanfaat bagi kulit wajah antara lain:

Humulus Lupulus Extract, merupakan kandungan yang bertugas untuk membantu menyamarkan flek atau noda hitam di wajah.

Alpha Arbutin, berperan untuk membantu mencegah pembentukan melanin yang menyebabkan bintik hitam atau kulit menjadi gelap.

Saccharomyces xylinum black tea yang merupakan agen Bio Brightening Complex, untuk membantu mencerahkan kulit wajah dan membuatnya tampak lebih bercahaya atau glowing.

Anti iritasi, yang dapat membuat kulit terasa lebih sejuk saat pemakaian dan mencegah kulit memerah karena iritasi.

Anti aging, yang dapat membantu menncegah dan memperlambat tanda penuaan dini di kulit, membuat kulit tampak lebih elastis dan lebih halus.

Tekstur serum Biokos ini sangat mudah diserap oleh kulit, sehingga kandungannya dapat bekerja dengan baik untuk mencerahkan dan menyehatkan kulit wajah. Serum ini sangat cocok untuk menghilangkan flek hitam baik karena penuaan dini, paparan sinar matahari maupun karena bekas jerawat. Biasanya efek penggunaan serum ini akan terlihat setelah 1-2 minggu pemakaian. Gunakan serum ini secara teratur setiap pagi dan malam hari, untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal.