Apa sih arti istilah Motion Sickness saat bermain game?

image
Baru-baru ini saya mendapat kabar bahwa salah satu youtuber terkenal mengalami kasus motion sickness ini, dari kabar yang saya peroleh dia sampai harus dibawa ke rumah sakit karena terkena efek dari motion sickness, lalu apa sih sebenarnya motion sickness ini?

Dalam dunia kedokteran, mabuk selama perjalanan disebut Motion Sickness. Motion sickness merupakan sekumpulan gejala yang terdiri dari kelelahan, kepala pusing, mual sampai muntah dan keluar keringat dingin yang terjadi saat dalam kendaraan yang berjalan.

Tak hanya pada anak-anak, orang dewasa pun juga berisiko mengalami motion sickness. Motion Sickness bukan merupakan suatu penyakit, tetapi merupakan gangguan sesaat yang dipicu oleh adanya gangguan koordinasi di otak akibat adanya rangsangan dari luar yang diterima oleh panca indra secara bersamaan dan diteruskan ke dalam otak.

Penyebab Motion Sickness saat bermain game :

  1. Banyaknya action-action yang ada di dalam game sehingga para pemain game itu menjadi pusing
  2. Banyaknya efek headbobbing . Efek Headbobbing adalah salah satu efek yang ada di dalam suatu game yang dimana efek tersebut bisa membuat para pemain seperti bergoyang kepalanya.
  3. Adanya efek motion blur, ketika kita bermain game motion blur di dalam game tersebut kadang membuat kita merasa tidak nyaman dan mual karena seakan-akan kita sedang di dalam game tersebut.
  4. Efek Gore, terkadang beberapa game horror seperti game Resident Evil menunjukkan efek gore yang parah sehingga kita merasa mual melihat efek gore tersebut

Beberapa game yang bisa menyebabkan Motion Sickness, yaitu :

  1. Horror Game : Resident Evil, Dead Space, dll


    image

  2. FPS Game : Overwatch, Call of Duty, dll
    image

  1. Adventure Game : Tomb Raider, Far Cry, dll