Apa sebenarnya tujuan untuk memahami kebutuhan pengguna?

users-first

‘Kebutuhan pengguna’ adalah kebutuhan yang dimiliki pengguna dari suatu layanan, dan layanan mana yang harus dipenuhi bagi pengguna untuk mendapatkan hasil yang tepat untuk mereka. Apa sebenarnya tujuan untuk memahami kebutuhan pengguna? Bagaimana kita melakukannya dengan benar?

Memahami tujuan pengguna dan menggunakan pemahaman ini untuk mempengaruhi keputusan desain sangat penting. Ini melibatkan pemahaman informasi yang dibutuhkan pengguna untuk melakukan tugas mereka dan bagaimana mereka ingin merasakan ketika mereka melakukannya.

Kebutuhan pengguna yang baik harus:

  • terdengar seperti sesuatu yang mungkin dikatakan pengguna nyata
  • didasarkan pada bukti dari penelitian pengguna, bukan asumsi
  • fokus pada masalah pengguna daripada solusi yang mungkin

Lakukan kebutuhan pengguna dengan baik dan benar

  • Amati dan bicaralah kepada pengguna

Lakukan penelitian pengguna untuk mengamati dan berbicara dengan pengguna. Pahami apa yang benar-benar ingin dilakukan, dan masalah nyata yang mereka coba untuk menyelesaikan sesuatu. Itu akan menunjukkan kepada Anda apa kebutuhan mereka.

  • Kebutuhan fungsional dan emosional

Kebutuhan dapat menjadi hal-hal fungsional yang perlu dilakukan orang, misalnya, untuk memeriksa kelayakan. Kebutuhan juga bisa emosional, mungkin orang stres dan cemas dan mereka perlu diyakinkan.Kedua jenis kebutuhan ini penting untuk dipahami jika Anda ingin merancang layanan yang sangat baik sehingga orang memilih untuk menggunakannya, dan dapat menggunakannya tanpa bantuan.

  • Tidak ada pengganti untuk berbicara dengan pengguna secara langsung

Anda harus pergi ke sumber tersebut yaitu pengguna, dan menemukan (tidak hanya memvalidasi) kebutuhan pengguna. Anda mungkin mendapatkan beberapa kebutuhan pengguna dari para pemangku kepentingan, tetapi tidak akan mendapatkan semuanya. Bahkan tidak dapat menjamin untuk mendapatkan kebutuhan pengguna yang paling penting dari para pemangku kepentingan.

  • Perlakukan ‘kebutuhan pengguna’ dari para pemangku kepentingan sebagai asumsi

Anda bukan pengguna dalam proyek anda dan tidak bisa berpikir seperti seorang pengguna kecuali bertemu pengguna secara langsung. Perlakukan setiap kebutuhan pengguna yang anda dapatkan dari pemangku kepentingan sebagai asumsi.

  • Keluar ke lapangan

Dalam fase penemuan proyek Anda, tim harus berada di lapangan melakukan penelitian pengguna. Anda harus menemukan apa yang dilakukan pengguna ketika mereka menemukan layanan anda.

  • Memahami kebutuhan pengguna menghemat uang

Memahami kebutuhan pengguna memungkinkan desain layanan yang lebih baik yang menghasilkan pengambilan digital yang lebih besar, kepatuhan yang lebih tinggi, hasil kebijakan yang lebih efektif, lebih sedikit kesalahan pengguna dan ketidakakuratan, mengurangi permintaan kegagalan dan, secara keseluruhan, membuat nilai layanan lebih baik dan lebih murah untuk dijalankan.

Sumber: