Apa sajakah penyebab wajah berminyak saat bangun tidur?

beuaty-face-skin-

Saya belum memulai aktivitas di bawah terik matahari, namun wajah sudah terasa berminyak mulai dari bangun tidur di pagi hari.

1. Tidak dibiasakan untuk mencuci wajah sebelum tidur
Hal pertama yang bisa menyebabkan kulit wajah anda berminyak ketika bangun tidur adalah karena anda tidak pernah atau tidak terbiasa untuk mencuci wajah atau muka anda sebelum anda tidur. Ya, tidak mencuci wajah anda sebelum tidur merupakan salah satu penyebab kulit berminyak saat bangun tidur. Kulit wajah anda selama tidur, meskipun berada di dalam satu ruangan tertutup, namun tetap mengalami reaksi – reaksi tertentu, sehingga dapat menimbulkan munculnya minyak, yang akan dirasakan ketika anda bangun tidur pada pagi hari.

Hal ini tentu saja sangat mengganggu, karena ketika anda bangun dan menyadari bahwa kulit anda terasa berminyak, maka anda akan merasa sangat tidak nyaman dengan kondisi tersebut, dan anda pun nantinya akan terbangun dengan kondisi mood yang tidak baik, padahal seharusnya manusia bangun pada pagi hari dengan memiliki mood yang baik, dan menyegarkan setelah istirahat semalaman. Nah, Cara merawat wajah agar tetap segar di pagi hari adalah dengan membiasakan membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum tidur.

2. Faktor jenis kulit yang memang berminyak
Beberapa orang memang memiliki sifat – sifat dan juga kondisi kulit wajah yang berminyak. Jadi, hal ini adalah salah satu hal yang dialami terjadi pada anda ketika anda bangun tidur dan mendapati kulit anda berminyak saat bangun tidur. Yang harus anda lakukan ketika mendapati hal ini adalah, anda harus tau persis bagaimana jenis dan juga kondisi kulit anda. Banyak orang memiliki kondisi dan juga tipe – tipe kulit wajah yang berbeda – beda. Ada yang memiliki tipe kulit wajah kering dan ada yang memiliki tipe kulit wajah yang berminyak.

Hal ini biasanya dipengaruhi oleh faktor keturunan dan juga faktor lingkungan tempat tinggal mereka. Nah, jadi apabila anda mendapati diri anda mengalami banyaknya minyak yang mengganggu, maka ada kemungkinan bahwa faktor jenis dan kondisi kulit wajah anda lah yang menjadi penyebab kulit berminyak saat bangun tidur pada diri anda. Cara mengatasi wajah berminyak bisa dengan menggunakan bahan alami dan skin care yang cocok untuk kulit anda.

3. Faktor hormonal
Faktor ketiga yang menjadi penyebab kulit berminyak saat bangun tidur adalah faktor hormonal. Ya, perlu kita ketahui dan juga kita ingat bahwa hampir segala bentuk aktivitas yang dilakukan oleh tubuh kita dipengaruhi oleh faktor hormonal. Faktor hormonal merupakan suatu faktor alami, yang terdapat di dalam tubuh kita, dimana ada kemunculan reaksi hormon tertentu dan adanya sekresi hormon tertentu. Apabila anda masih berusia remaja, maka hal ini adalah sesuatu yang wajar, dimana kulit anda akan terasa berminyak saat bangun tidur.

Mengapa wajar? Karena aktivitas hormonal pada usia remaja cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan usia dewasa, sehingga kondisi kulit berminyak saat bangun tidur ini sangat umum terjadi pada remaja. Nah, apabila hal ini terjadi pada mereka yang sudah dewasa, maka ada kemungkinan penyebab kulit berminyak saat bangun tidur ini adalah karena faktor kelainan fungsi hormon, ataupun fungsi hormon yang terlalu kuat bekerja di dalam tubuhnya.

Ini merupakan hal wajar – wajar saja, karena aktivitas hormon memamg normal dan bisa menyebabkan munculnya sekresi berupa minyak di bagian kulit anda. Salah satu hal yang bisa membuat aktivitas hormonal mempengaruhi kulit berminyak saat bangun tidur adalah karena faktor genetika, alias faktor keturunan.

4. Pola makan atau dietary
Faktor berikutnya yang bisa juga menjadi penyebab kulit berminyak saat bangun tidur adalah faktor pola makan atau dietary. Ya, pola makan yang kurang tepat dan juga cenderung asal – asalan juga dapat menyebabkan kulit berminyak saat bangun tidur. Konsumsi makanan yang banyak mengandungnya minyak, merupakan salah satu hal yang menjadi penyebab kulit berminyak pada diri anda. Untuk dapat mengendalikan hal ini, maka paling tidak anda harus bisa untuk mengendalikan pola makan anda dengan baik, misalnya adalah mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung minyak, dan menyebabkan kulit anda menjadi berminyak.

Sumber

6 Penyebab Kulit Berminyak Saat Bangun Tidur di Pagi Hari - KlinikKecantikan.co.id