Apa sajakah jenis-jenis Ikan Nila yang cepat besar ?

Ikan nila

Ikan nila (Oreochromis niloticus) adalah sejenis ikan konsumsi air tawar dan kini menjadi ikan peliharaan yang populer di kalangan pembudidaya ikan di Indonesia dan juga sekaligus menjadi hama di setiap sungai dan danau Indonesia. Nama ilmiah ikan nila adalah Oreochromis niloticus, dan dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Nila Tilapia.

Ikan nila banyak jenisnya, apa sajakah jenis-jenis Ikan Nila yang cepat besar?

Jenis Jenis Ikan Nila Yang Cepat Besar

  1. Ikan Nila Srikandi
    Menteri kelautan dan perikanan telah merilis Jenis ikan nila srikandi pada tahun 2012, dimana balai penelitian pemuliaan ikan (BPPI) telah menghasilkan ikan nila jenis srikandi dan keunggulan dari ikan nila jenis ini yaitu tahan terhadap berbagai macam jenis penyakit dan sangat cocok bila di budidayakan di air payau.

  2. Ikan Sila Best
    Ikan nila best juga memiliki beberapa keunggulan yang lebih baik bila dibandingkan dengan ikan nila lokal yang biasa di budidayakan di masyarakat pada umumnya, dan ikan ini memiliki daya tahan penyakit mencapai 140 %, Fekunditas 3 sampai 5 kali, sedangkan sintasan nya dari 84,4 hingga 93,3% dan nilai tersebut dipercaya oleh beberapa pembudidaya lebih tinggi 8% bila di bandingkan dengan ikan nila lokal.

    Selain itu ikan nila jenis ini juga mempunyai keunggulan yang menguntungkan bagi para peternak ikan nila. Bagaimana tidak, jika ikan nila lokal yang biasa di budidayakan oleh masyarakat memerlukan waktu sekitar 6 bulan untuk mencapai berat tubuh sekitar 400 -500 gram/ekor, Namun untuk ikan nila jenis ini hanya membutuhkan waktu 4 bulan saja.

  3. Ikan Nila Gesit
    Ikan nila jenis gesit ini sama juga dengan ikan nila yang biasa di budidayakan oleh masyarakat pada umum nya. Untuk mendapatkan berat tubuh mencapai 400 – 500 Gram/ekor nya memerlukan waktu selama 6 bulan, namun ikan ini sangat lincah dan gesit geraknnya sesuai dengan nama nya.

  4. Ikan Nila Nirwana
    Ikan nila nirwana merupakan ikan nila yang berhasil di kembangkan oleh Balai Benih Ikan Wanayasa Purwakarta Jawa Barat. Keunggulan dari ikan nila nirwana yaitu dapat tumbuh dengan cepat yaitu untuk mencapai bobot sekitar 1 kg hanya memerlukan waktu selama 6 bulan saja.

  5. Ikan Nila Larasati
    Ikan nila jenis Nila Larasati ini merupakan ikan nila hasil persilangan antara ikan nila dan hitam ikan nila merah. Ikan nila ini mempunyai keunggulan yang cukup bagus dan bermanfaat, yaitu dapat berkembang dengan cepat dan memiliki daging yang lebih banyak bila dibandingkan engan ikan nila lainnya.

  6. Ikan Nila Jatimbulan
    Unit pelaksana teknis PBAT Jawa Timur telah melakukan rekayasa terhadap ikan nila dan menghasilkan ikan nila jenis baru yaitu ikan nila jatimbulan. Keunggulan dari ikan nila jatimbulan yaitu mempunyai rasa daging yang lebih kenyal dan pertumbuhan ikan ini juga lebih cepat bila di bandingkan dengan ikan nila lokal.