Apa sajakah cara yang baik dalam memanajemen organisasi

manajemen organisasi adalah proses pengorganisasian, perencanaan, memimpin dan mengendalikan sumber daya dalam suatu organisasi atau entitas dengan tujuan keseluruhan mencapai tujuan. Manajemen organisasi ini merupakan proses lanjutan setelah proses penentuan strategi untuk mencapai visi dan misi organisasi.

Organisasi yang baik harus memiliki beberapa unsur penunjang. Unsur penunjang tersebut harus saling berkaitan, sehingga dapat saling berintegrasi. Unsur penunjang organisasi, yaitu :

  • Orang-orang (sekumpulan orang)
  • Kerjasama
  • Tujuan yang ingin dicapai
    Setiap organisasi harus dimanajemen dengan baik, agar organisasi tersebut dapat berjalan sesuai jalurnya. Manajemen organisasi yang baik adalah kemampuan dalam proses merencanakan, mengorganisasikan, memimpin dan mengendalikan organisasi agar mencapai tujuannya. Langkah yang baik dalam memanajemen organisasi, yaitu :
  • Drive (Tetapkan Arah)
    a. Rumuskan visi dan misi
    b. Tetapkan tujuan dan prioritas
    c. Tetapkan prosedur/ aturan main organisasi
  • Strive (Raih Efektivitas)
    a. Libatkan semua anggota
    b. Ungkapkan harapan
    c. Identifikasi potensi dan spesifikasi anggota
    d. Bahas tanggungjawab
  • Thrive (Percepat Gerak)
    a. Umpan balik
    b. Manajemen konflik
    c. Berkreativitas
    d. Keputusan efektif
  • Arrive (Sampai di Puncak Prestasi)
    a. Pertahankan motivasi
    b. Revitalisasi pertemuan tim
    c. Buat catatan kemajuan

Referensi