Apa saja yang termasuk ke dalam Processing Devices yang digunakan oleh DJ?

Berbagai macam alat musik yang digunakan oleh DJ berbeda dengan alat musik biasa, biasanya yang mereka gunaka lebih modern dengan elektronik yang khas. salah satunya adalah processing devices. apa saja yang termasuk ke dalam processing devices yang digunakan oleh DJ?

Apa saja yang termasuk dalam Processing Devices?

  1. DJ Mixer. Mixer DJ dalam gambar dj diatas letaknya ada di bagian paling tengah dari susunan peralatan DJ. Bentuk dari mixer dj biasanya lebih kecil daripada Mixer Soundsystem yang pernah anda lihat di event musik yang pake soundsytem super gede atau pada recording studio.
    Mixer DJ ini didesain khusus buat DJ agar DJ bisa bermain dengan signal suara yang masuk dari Input Devices sebelum suara dikeluarkan ke pendengarnya. DJ Mixer memberikan dj fungsi untuk mengatur volume, pitch (kekuatan frequency suara masuk), Treble (suara tinggi), Middle (suara tengah), Bass (suara rendah), Effects dan lain sebagainya.

  2. DJ Headphones. Headphones memiliki peran yang cukup penting buat dije. DJ memerlukan headphones untuk dapat mendengar dan memonitor suara yang masuk kedalam mixer. Dalam proses audio mixing, sebelum DJ menyambung lagu yang sedang diputar ke lagu berikutnya, DJ harus mengatur cue (starting point), tempo (kecepatan lagu), volume, equalizing, dll di lagu yang akan di sambungnya dan ini memerlukan headphones untuk memonitornya.

  3. Midi Controller. Bagi DJ yang bermain menggunakan laptop atau komputer,
    biasanya mereka menggunakan Midi Controller sebagai processing devices. Midi controller akan di hubungkan ke laptop lalu kemudian di singkronisasikan dengan software yang dipakainya untuk ngedj. Fungsi utama dari midi controller ini sebenarnya untuk mempermudah DJ mengoperasikan software dj yang dipakainya serta memberi feel (rasa) seperti memakai peralatan standard (turntable/cdj dan mixer).