Apa saja yang termasuk ke dalam Additional Devices yang digunakan oleh DJ?

Berbagai macam alat musik yang digunakan oleh DJ berbeda dengan alat musik biasa, biasanya yang mereka gunaka lebih modern dengan elektronik yang khas. salah satunya adalah additional devices. Apa saja yang termasuk ke dalam Additional Devices yang digunakan oleh DJ?

Apa saja additional devices yang di pakai dj?

Microphone. DJ yang suka shout out seperti DJ Radio atau DJ Club terkadang memerlukan Microphone untuk dapat berkomunikasi bersama crowd atau pendengarnya. Sebuah mic ditancapkan di mixer DJ dan DJ akan menyebutkan yell-yell untuk menyemangati pendengarnya.

Effects Unit. Effects biasanya ditambahkan dan di singkronisasikan ke mixer DJ. Effects DJ seperti Pioneer EFX 1000 atau EFX 500 atau yang lainnya digunakan untuk memberikan tambahan effects kepada suara yg akan dikeluarkan dari mixer seperti delay, echo, flanger, looping dan lain sebagainya.

DVS singkatan dari Digital Vinyl System. DVS adalah sebuah peralatan tambahan yg umumnya terdiri dari sebuah soundcard atau box unit yang menghubungkan media player dengan mixer dan laptop (komputer). DVS ini adalah peralatan untuk mendigitalisasi piringan hitam atau CD dimana seorang DJ tidak lagi perlu untuk mengganti-ganti CD atau Vinyl setiap mengganti lagu cukup dengan menggantinya di Laptop. DVS memungkinkan DJ untuk tetap bermain menggunakan CD Decks atau Turntable tetapi lagu yang dipakai adalah yang ada di Laptop atau Komputer. Untuk sebagian DJ DVS ini sangat membantu karena DJ tidak perlu repot lagi membawa tas CD yang berat atau piringan hitam.

Midi Controller. Midi controller tambahan seperti Akai APC40, Vestax VCI, atau Keyboard Controller biasa dipakai DJ untuk mempermudah dalam menggunakan software dj seperti Ableton. Seorang DJ yang merangkap producer biasanya memakai seperangkat Midi Controller ini agar dia bisa bermain live layaknya musisi live band.