Apa saja yang termasuk karakteristik remaja nakal?

remaja

(hanaaa) #1

Remaja nakal mempunyai karakteristiknya sendiri-sendiri. Apa saja yang termasuk karakteristik remaja nakal?


(aditya) #2

Menurut Kartono (2003), remaja nakal mempunyai karakteristik umum yang sangat berbeda dengan remaja tidak nakal. Perbedaan itu mencakup:

  1. Perbedaan struktur intelektual
    Pada umumnya inteligensi remaja nakal tidak berbeda dengan inteligensi remaja yang normal, namun jelas terdapat fungsi- fungsi kognitif khusus yang berbeda biasanya remaja nakal ini mendapatkan nilai lebih tinggi untuk tugas-tugas prestasi daripada nilai untuk ketrampilan verbal (tes Wechsler). Remaja nakal kurang toleran terhadap hal-hal yang ambigius pada umumnya remaja kurang mampu memperhitungkan tingkah laku orang lain bahkan tidak menghargai pribadi lain dan menganggap orang lain sebagai cerminan dari diri sendiri.

  2. Perbedaan fisik dan psikis
    Remaja yang nakal ini lebih “idiot secara moral” dan memiliki perbedaan ciri karakteristik yang jasmaniah sejak lahir jika dibandingkan dengan remaja normal. Pada umumnya remaja nakal bersikap lebih agresif.

  3. Ciri karakteristik individual
    Remaja yang nakal ini mempunyai sifat kepribadian khusus yang menyimpang, seperti:

  • Rata-rata remaja nakal ini hanya berorientasi pada masa sekarang, bersenangsenang dan puas pada hari ini tanpa memikirkan masa depan.

  • Kebanyakan dari remaja nakal terganggu secara emosional.

  • Remaja nakal kurang bersosialisasi dengan masyarakat normal, sehingga tidak mampu mengenal norma-norma kesusilaan, dan tidak bertanggung jawab secara sosial.

  • Remaja nakal senang menceburkan diri dalam kegiatan tanpa berpikir yang merangsang rasa kejantanan, walaupun mereka menyadari besarnya risiko dan bahaya yang terkandung di dalamnya.

  • Pada umumnya remaja nakal sangat impulsif dan suka tantangan dan bahaya.

  • Hati nurani tidak atau kurang lancar fungsinya.

  • Kurang memiliki disiplin diri dan kontrol diri sehingga remaja menjadi liar dan jahat.