Apa saja yang perlu dispesifikkan sebelum membangun sebuah MVP?

image

Tujuan dari pembuatan MVP antara lain yaitu untuk menghasilkan produk yang dicintai oleh pengguna dan mendatangkan nilai bisnis bagi perusahaan, lalu untuk meningkatkan efisiensi, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, apa saja yang perlu dispesifikkan sebelum kita membangun MVP agar dapat menghasilkan MVP yang tepat?

Langkah pertama dari pembuatan MVP adalah:

  • mendefinisikan beberapa prinsip.
  • menentukan mana yang menjadi fitur utama, mana yang menjadi fitur opsional dari produk. Penentuannya dengan memandang secara objektif.
  • membuat spesifikasi pengembangan yang komprehensif dan jelas.

Maka berikut beberapa yang harus dispesifikkan secara komprehensif dan jelas yaitu:

  1. Target audiens.
    Mencari kelompok target yang dapat diandalkan dimana anggota kelompok tersebut harus berbagi kebutuhan yang sama dalam produk dan memiliki masalah umum untuk dipecahkan.

  2. Masalah.
    Cari masalah yang dapat dipecahkan oleh produk. Tentukan permasalahannya agar lebih mudah untuk mendiskusikan kumpulan fitur penting yang tepat disematkan di versi awal produk. Untuk memilih mana fitur yang penting atau prioritas, anda dapat menggunakan beberapa metode yang disediakan, salah satunya yaitu metode MoSCoW.

  3. Fitur.
    Buatlah daftar fitur produk anda dan prioritasnya masing-masing dengan membuat pertanyaan, seperti apa yang paling penting dan berharga dalam aplikasi anda? apa yang akan menjadi fitur utamanya? Mulailah dari hal tersebut dan sertakan fitur-fitur lainya ke dalam rencana pengembangan lebih lanjut karena dengan begitu akan membantu mengurangi biaya MVP.

Referensi: