Apa saja yang perlu disiapkan sebelum melakukan perjalanan jauh bersama anjing?

images (1)
Terkadang kita ingin berpergian jauh dengan anjing kita. Lalu Apa saja yang perlu disiapkan sebelum melakukan perjalanan jauh bersama anjing?

  1. Jika Anda menggunakan kandang, perkenalkan pada anjing Anda. Hadirkan kandang tersebut pada anjing Anda dengan kesan positif. Biarkan anjing mengendusnya sebelum dimasukkan ke dalam mobil. Segera setelah kandang diletakkan di dalam mobil, masukkan anjing Anda ke dalamnya. Teruslah bersikap positif terkait kandang tersebut lalu pergilah menjauhi anjing yang ada di dalamnya untuk beberapa menit.

  2. Ajaklah anjing Anda melakukan gerak badan sebelum memasukkannya ke dalam mobil. Anda perlu membuat anjing merasa lelah sebelum mengandangkannya. Jika anjing yang lelah mungkin masih tidak tenang saat dikurung, anjing yang memiliki energi penuh biasanya akan lebih buruk.

  3. Hindari memberi makan pada anjing Anda tepat sebelum perjalanan dilakukan. Beri makan anjing Anda minimal beberapa jam sebelumnya. Hal ini akan mencegah anjing Anda mengalami mabuk perjalanan.

  4. Bungkuslah berbagai perlengkapan yang sesuai untuk anjing Anda saat melakukan perjalanan jauh dengan mobil. Buatlah tempat yang nyaman untuk anjing Anda dengan memasang kasur atau selimut di lantai mobil sebagai pelapis. Berikan juga air, makanan lezat, kalung leher dan tali anjing, beberapa chew toy (mainan untuk dikunyah-kunyah, seperti tulang-tulangan, dll.) kesukaannya, dan juga kantong plastik untuk limbah.

  5. Letakkan beberapa chew toy di bagian belakang mobil bersama anjing Anda untuk membuatnya tetap sibuk. Lebih baik tidak memberi anjing Anda tulang atau makanan karena jika merasa mual anjing tersebut akan memuntahkannya kembali.

  6. Konsultasikan pada dokter hewan jika anjing Anda menunjukkan tanda-tanda mabuk perjalanan. Jangan pernah mengobati anjing Anda dengan Dramamine (Salah satu jenis obat untuk meredakan gejala mabuk perjalanan, seperti mual, muntah, dll.) atau obat lain apa pun tanpa petunjuk dari dokter hewan. Dokter hewan Anda mungkin menyarankan obat lain sebagai gantinya.

  7. Atasi masalah hiperaktif pada anjing sebelum melakukan perjalanan. Jika anjing Anda memiliki masalah hiperaktif, hubungi dokter hewan Anda sebelum melakukan perjalanan. Pertimbangkan jika tersedia obat penenang yang cukup lembut dan aman untuk anjing Anda, terutama jika Anda hendak melakukan perjalanan jauh. Ikutilah petunjuk pengobatan dengan hati-hati.