Apa saja yang perlu diperhatikan dalam melakukan observasi?

download

Observasi sering disebut sebagai teknik paling sulit dalam mengumpulkan informasi tentang konsumen. Apa saja yang perlu diperhatikan dalam melakukan observasi?

Observasi tidak mudah dilakukan dalam penggalian informasi pelanggan. Penting untuk melakukan briefing sebelum melakukan kegiatan observasi. Ada lima aturan dalam melakukan observasi:

  1. Ordinary
    Carilah sesuatu yang biasa bukan yang luar biasa, tapi catatlah hal-hal yang mengejutkan. Hal ini dapat menantang prekonsepsi kita dan membantu kita untuk membuka pikiran. Identifikasi juga detail dari kejadian yang biasa, hal-hal yang tidak diperhatikan atau terpikirkan sebelumnya.

  2. Attentive
    Hati-hati ketika mencatat hanya apa yang dilihat dan didengar. Jangan mulai menganalisis apa yang terjadi atau Anda pasti kehilangan sesuatu. Bila Anda melakukan sesi observasi sendiri, penting untuk mendefinisikan peran untuk tiap partisipan perusahaan. Satu orang harus memimpin sesi, satu lagi mencatat dan satu lagi mengobservasi atau mendokumentasikannya.

  3. Accurate & Objective
    Inilah alasan kenapa Anda harus penuh perhatian, agar Anda mendapatkan catatan yang akurat terhadap apa yang sebenarnya terjadinya. Catat apa yang Anda lihat, dimana dan kapan, serta bagaimana orang berperilaku. Anda tidak perlu bereaksi secara terbuka terhadap apa yang dilihat dan didengar. Perhatikan bahasa tubuh Anda.
    Selalu tanyakan ‘mengapa?’. Walaupun kelihatannya sudah jelas, tapi mungkin saja alasannya tidak seperti apa yang Anda pikirkan. Maka terus saja tanyak pertanyaan yang vital.

  4. Timing
    Observasi dan mengerti apa yang terjadi sebelum dan sesudah kejadian, termasuk saat kejadian saat Anda observasi. Kejadian perlu ditempatkan pada konteks waktu dan tempat dengan gaya hidup dan kebiasaan seseorang. Hanya ini caranya untuk memahami hubungannya,

  5. Debrief & Analysis
    Observasi adalah hal yang paling berharga apabila selesai dengan sesi tanya jawab. Orang yang melakukan observasi dapat bersama-sama berbagi, bertanya dan mulai menganalisis apa yang sudah didengar dan dilihat.

Kelima poin ini harus meyakinkan orang-orang untuk menikmati observasi. Anda dan pelanggan Anda akan menguntungkan dari pengalaman, jumlah maksimum ide dan pemahaman akan dikumpulkan.

Sumber