Apa saja yang perlu diperhatikan dalam melakukan inovasi pada bisnis perbankan?

inovasi
perbankan

(Denta Kalla Nayyira) #1

Inovasi

Inovasi tidak hanya merupakan suatu proses penciptaan sesuatu yang baru, tetapi juga merupakan produk actual atau outcome (hasil). Bagi suatu jasa, outcome bukan merupakan suatu hasil output, melainkan modifikasi dari pelayanan yang sudah ada.

Apa saja yang perlu diperhatikan dalam melakukan inovasi pada bisnis perbankan?


(Yalanda Cahya Hardiyani) #2

Peter F. Drucker mengemukakan bahwa terdapat lima buah prinsip inovasi yang pada bisnis perbankan dapat diimplikasikan sebagai berikut;

  • Inovasi membutuhkan analisis terhadap berbagai peluang dan kemungkinan yang terbuka bagi bisnis perbankan. Inovasi dapat terwujud dan berarti jika manajemen bisnis perbankan mempunyai kemampuan untuk menganalisisnya. Karena itu manajemen sumber daya manusia perlu disiapkan oleh manajemen bisnis perbankan.

  • Inovasi bersifat konseptual dan perceptual . Inovasi diawali oleh suatu keinginan manajemen bisnis perbankan untuk menciptakan suatu produk jasa baru yang sekaligus diterima oleh masyarakat. Inovator dalam bisnis perbankan mesti meiliki persepsdi terhadap kebutuhan masyarakat yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat.

  • Inovasi dalam produk jasa bisnis perbankan harus sederhana, mudah dimengerti, terfokus dan memberi kemudahan dalam pelayanan kepada nasabah

  • Inovasi dalam bentuk produk jasa bisnis perbankan harus diawali dengan sesuatu yang kecil. Perlu dipahami bahwa tidak semua inovasi diawali dari gagasan besar yang tidak mudah dijangkau oleh kehidupan masyarakat nyata.

  • Inovasi diarahkan kepada kepemimpinan atau kepeloporan dan hasilnya akan menjadi pemimpin atau pelopor suatu perusahaan.