Apa saja yang mempengaruhi inovasi pada sebuah perusahaan ?

Inovasi

Inovasi merupakan proses adaptasi produk, jasa, ide atau proses, baik yang sudah ada dalam organisasi maupun yang dikembangkan dari luar organisasi.

Apa saja yang mempengaruhi inovasi pada sebuah perusahaan ?

Menurut Anatan (2007), inovasi merupakan suatu konsep multi dimensional yang terdiri dari empat dimensi, yaitu :

Dimensi Orientasi kepemimpinan perusahaan terhadap inovasi.

Orientasi kepemimpinan menunjukkan posisi perusahaan dalam pasar, apakah perusahaan sebagai first to the market, sebagai pemain kedua (second to the market) atau late entrant. Pemimpin bertanggung jawab dalam menentukan dan merumuskan strategi sesuai posisi perusahaan dalam pasar.

  • Sebagai first to the market, perusahaan menitikberatkan pada implementasi inovasi proses dan inovasi produk untuk menghasilkan produk yang unik dan inovatif.

  • Sebagai perusahaan second to the market, perusahaan memonitor inovasi yang dilakukan perusahaan pesaing dan meniru saingan.

  • Perusahaan sebagai late entrant hanya melakukan penjiplakan produk yang memiliki merk terkenal dan menjualnya pada harga yang rendah.

Tipe inovasi yang dilakukan

Pada dimensi yang kedua ini tipe inovasi mewakili kombinasi:

  • Inovasi manufaktur, yaitu proses yang dilakukan dan produk yang dihasilkan perusahaan.

  • Inovasi proses menekankan pada metode-metode baru dalam pengoperasian dengan cara membuat teknologi baru atau mengembangkan teknologi yang ada.

  • Inovasi produk merupakan hasil dari penciptaan dan pengenalan produk secara radikal atau modifikasi produk yang telah ada.

Pemilihan tipe inovasi tersebut dipengaruhi oleh investasi yang dimiliki perusahaan dan pada akhirnya akan mempengaruhi kinerja perusahaan.

Sumber inovasi

Dimensi inovasi ketiga adalah sumber inovasi yang menjelaskan pelaksanaan aktifitas inovasi, apakah ide inovasi berasal dari internal perusahaan, eksternal perusahaan atau keduanya.

  • Sumber inovasi internal berarti perusahaan mempercayakan untuk melakukan inovasi baik pada produk atau proses pada usaha bagian riset dan pengembangan (R&D).

  • Sumber inovasi eksternal memiliki makna inovasi dilakukan perusahaan dengan cara membeli, mengakuisisi perusahaan lain, ataupun membeli lisensi .

Investasi yang dibutuhkan dalam inovasi

Dimensi inovasi keempat yaitu tingkat investasi, mencakup investasi keuangan (meliputi pengeluaran untuk proyek riset dan pengembangan) dan pembelian suatu inovasi pada produk yang telah dikembangkan di tempat lain), investasi teknologi (yaitu pengeluaran untuk peralatan, infrastruktur, fasilitas dasar inovasi) maupun investasi sumber daya manusia (meliputi gaji, biaya pelatihan, dan biaya pengembangan staff).

Menurut Crawford, derajat inovasi dapat dikarakteristikkan menjadi :

  • Inventive, perusahaan berusaha menjadi first to market

  • Adaptive, perusahaan berusaha menjadi second but best di pasar

  • Economic, perusahaan menawarkan lower prices dibanding pesaing

  • Innovative application, perusahaan menggunakan teknologi yang ada, namun diterapkan dengan cara yang kreatif atau berbeda.

Faktor-faktor yang diduga mempengaruhi inovasi pada perusahaan antara lain gaya kepemimpinan, karakteristik personal dan dinamika lingkungan.

  1. Sikap atau gaya kepemimpinan
    Sikap serta gaya kepemimpinan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap organisasi bahkan terhadap produktivitas dan keinovatifan karyawan. Kepemimpinan juga dapat digambarkan dalam garis kontinum mulai dari inisiatif (initiating) sampai pada kepemimpinan pertimbangan (considerating). Struktur inisiatif menggambarkan bahwa pimpinan mengatur dan menentukan pola organisasi, saluran komunikasi, struktur peran dalam pencapaian tujuan organisasi, dan cara pelaksanaannya. Pertimbangan menggambarkan hubungan yang hangat antara atasan dan bawahan, adanya sikap saling percaya, kekeluargaan, dan penghargaan terhadap gagasan yang datang dari bawahan. Setiap tipe gaya kepemimpinan memiliki pengaruh terhadap tingkat inovasi produk. Perilaku pemimpin memiliki peran yang sangat besar terhadap tingkat inovasi produk karena gaya yang dimiliki oleh seorang pemimpin dapat memberikan dampak yang positif terhadap tingkat inovasi produk jika pemimpin tersebut memberikan kepercayaan dan dorongan kepada bawahan untuk melakukan aktivitas inovasi (Srimindarti, 2002).

  2. Karakteristik Personal
    Setiap perusahaan memiliki variasi karakteristik yang berbeda termasuk tugas yang ingin mereka capai (Street dan Bishop 1991 dan Srimindarti, 2002). Faktor personal sangat berhubungan dengan kinerja pekerjaan (Day dan Silverman 1989 dan Srimindarti, 2002), karena faktor personal mempengaruhi bagaimana seorang individu melakukan pekerjaan dan berinteraksi dengan rekan kerjanya.

    Menurut Jung dan Nugroho (1999) karakteristik personal merupakan suatu sistem kompleks yang melibatkan sikap, fungsi dan preferensi sebagai suatu mekanisme penyaluran energi libido. Ada dua sikap dasar yang dimiliki oleh setiap pribadi. Kedua sikap dasar tersebut adalah Introversi dan Ekstraversi. Karakteristik introversi memberikan efek daya kreasi yang unik termasuk dalam melakukan aktivitas inovasi, sedangkan karakteristik ekstraversi memberi efek sosial dan memperhatikan kepentingan komunitas. Perbedaan dalam karakteristik personal akan mempengaruhi tingkat inovasi
    produk.

  3. Dinamika lingkungan
    Menurut Luo, Yadong (1999), dinamika lingkungan persaingan mempunyai pengaruh positif terhadap keinovatifan, keberanian mengambil resiko, dan pro aktivitas perusahaan. Dalam kondisi lingkungan yang berubah dengan cepat, Slater & Narver (1997), mengatakan bahwakeunggulan bersaing ditentukan oleh kreativitas dan inovasi yang dapat memuaskan keinginan pelanggan secara lebih baik dari pada pesaing (Dicky, 2002). Me Carthy & Perreault (1996), menambahkan dengan cepat laju perubahan kebanyakan produk, kecepatan memasuki pasar dapat menjadi penentu keunggulan bersaing.