Apa saja yang mempengaruhi inovasi pada sebuah perusahaan ?

inovasi
manajemen_produk
organisasi

(Denta Kalla Nayyira) #1

Inovasi

Inovasi merupakan proses adaptasi produk, jasa, ide atau proses, baik yang sudah ada dalam organisasi maupun yang dikembangkan dari luar organisasi.

Apa saja yang mempengaruhi inovasi pada sebuah perusahaan ?


(Yalanda Cahya Hardiyani) #2

Menurut Anatan (2007), inovasi merupakan suatu konsep multi dimensional yang terdiri dari empat dimensi, yaitu :

Dimensi Orientasi kepemimpinan perusahaan terhadap inovasi.

Orientasi kepemimpinan menunjukkan posisi perusahaan dalam pasar, apakah perusahaan sebagai first to the market, sebagai pemain kedua (second to the market) atau late entrant. Pemimpin bertanggung jawab dalam menentukan dan merumuskan strategi sesuai posisi perusahaan dalam pasar.

  • Sebagai first to the market, perusahaan menitikberatkan pada implementasi inovasi proses dan inovasi produk untuk menghasilkan produk yang unik dan inovatif.

  • Sebagai perusahaan second to the market, perusahaan memonitor inovasi yang dilakukan perusahaan pesaing dan meniru saingan.

  • Perusahaan sebagai late entrant hanya melakukan penjiplakan produk yang memiliki merk terkenal dan menjualnya pada harga yang rendah.

Tipe inovasi yang dilakukan

Pada dimensi yang kedua ini tipe inovasi mewakili kombinasi:

  • Inovasi manufaktur, yaitu proses yang dilakukan dan produk yang dihasilkan perusahaan.

  • Inovasi proses menekankan pada metode-metode baru dalam pengoperasian dengan cara membuat teknologi baru atau mengembangkan teknologi yang ada.

  • Inovasi produk merupakan hasil dari penciptaan dan pengenalan produk secara radikal atau modifikasi produk yang telah ada.

Pemilihan tipe inovasi tersebut dipengaruhi oleh investasi yang dimiliki perusahaan dan pada akhirnya akan mempengaruhi kinerja perusahaan.

Sumber inovasi

Dimensi inovasi ketiga adalah sumber inovasi yang menjelaskan pelaksanaan aktifitas inovasi, apakah ide inovasi berasal dari internal perusahaan, eksternal perusahaan atau keduanya.

  • Sumber inovasi internal berarti perusahaan mempercayakan untuk melakukan inovasi baik pada produk atau proses pada usaha bagian riset dan pengembangan (R&D).

  • Sumber inovasi eksternal memiliki makna inovasi dilakukan perusahaan dengan cara membeli, mengakuisisi perusahaan lain, ataupun membeli lisensi .

Investasi yang dibutuhkan dalam inovasi

Dimensi inovasi keempat yaitu tingkat investasi, mencakup investasi keuangan (meliputi pengeluaran untuk proyek riset dan pengembangan) dan pembelian suatu inovasi pada produk yang telah dikembangkan di tempat lain), investasi teknologi (yaitu pengeluaran untuk peralatan, infrastruktur, fasilitas dasar inovasi) maupun investasi sumber daya manusia (meliputi gaji, biaya pelatihan, dan biaya pengembangan staff).

Menurut Crawford, derajat inovasi dapat dikarakteristikkan menjadi :

  • Inventive, perusahaan berusaha menjadi first to market

  • Adaptive, perusahaan berusaha menjadi second but best di pasar

  • Economic, perusahaan menawarkan lower prices dibanding pesaing

  • Innovative application, perusahaan menggunakan teknologi yang ada, namun diterapkan dengan cara yang kreatif atau berbeda.